AKTIVITAS MAHASISWA DALAM ORGANISASI KEMAHASISWAAN TERHADAP PRESTASI MAHASISWA (Studi Eksplanatif Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga)

AZANDY ABDILLAH BULOTO, 070610419 (2010) AKTIVITAS MAHASISWA DALAM ORGANISASI KEMAHASISWAAN TERHADAP PRESTASI MAHASISWA (Studi Eksplanatif Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2011-bulotoazan-15992-abstrak-s.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2011-bulotoazan-13392-fis.s.82-s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Berlandaskan pemikiran bahwa aktivitas mahasiswa dalam suatu organisasi kemahasiswaan dapat membantu mahasiswa untuk memperoleh berprestasi yang lebih baik, maka dilakukan penelitian pada kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga, dikarenanakan mahasiswa FISIP UNAIR akrab dengan perilaku berorganisasi dan berpolitik di dunia kampus sehingga peneliti membuat rumusan masalah sebagai berikut, apakah ada pengaruh aktivitas mahasiswa dalam organisasi mahasiswa terhadap prestasi yang diraih mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari aktivitas mahasiswa dalam organisasi terhadap prestasi yang diperoleh mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga. Prestasi yang dimaksud dalam penelitian ini ialah prestasi akademik maupun prestasi non akademik. Penelitian ini menggunakan tipe eksplanatif, yaitu penelitan yang menjelaskan hubungan antara variabel X atau variabel yang berpengaruhnya adalah aktivitas mahasiswa dalam organisasi kemahasiswaan, variabel Y sebagai variabel yang dipengaruhi adalah prestasi yang diperoleh mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FISIP Universitas Airlangga dari berbagai departemen yang terdaftar sebagai pengurus suatu organisasi kemahasiswaan. Sampel yang di ambil menggunakan teknik Simple Random Sampling sebanyak 50 orang responden. Dalam menghimpun data ini didapatkan dengan wawancara sebagai alat untuk menggali data dari responden wawancara terstruktur dengan menggunakan kuesioner closed open ended question yakni kuesioner dengan pertanyaan tertutup disertai pemberian pilihan mengisi bebas diluar pilihan jawaban yang tersedia. Melakukan uji pengaruh tes statistik regresi linear untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh disertai penggunaan program pengolah data SPSS 18 serta di analisis menggunakan teori fungsionalisme struktural dari Robert K. Merton. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh aktivitas mahasiswa dalam organisasi kemahasiswaan terhadap prestasi yang diperoleh mahasiswa. Selain itu, keaktivan mahasiswa dalam organisasi mampu meningkatkan kemampuan softskil mahasiswa yang akan berguna ketika menghadapi dunia kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S82/10 Bul a
Uncontrolled Keywords: HIGHER EDUCATION- ORGANIZATIONAL
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT401-485 Rural groups. Rural sociology
J Political Science > JC Political theory
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
AZANDY ABDILLAH BULOTO, 070610419UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSutinah, Dra,MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 11 Mar 2011 12:00
Last Modified: 02 Nov 2016 17:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21142
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item