PEMANFAATAN TEPUNG DAUN TURI (Sesbania grandiflora Pers.) DALAM PAKAN BUATAN TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN NILA HITAM (Oreochromis niloticus)

FIRMANI, UMMUL, NIM. 060110031 P (2007) PEMANFAATAN TEPUNG DAUN TURI (Sesbania grandiflora Pers.) DALAM PAKAN BUATAN TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN NILA HITAM (Oreochromis niloticus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-firmaniumm-4845-khbp03-k.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-firmaniumm-4845-khbp03-7.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase optimal tepung daun turi dalam pakan buatan terhadap pertumbuhan ikan nila hitam yang berbobot ± 6 g. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Pendidikan Perikanan, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga, Surabaya. Analisis proksimat bahan pakan percobaan dilakukan di Laboratorium Kimia Pangan, Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian, Malang. Analisis proksimat pakan percobaan dilakukan di Balai Besar Laboratorium Kesehatan, Surabaya. Pembuatan pakan percobaan dilakukan di Laboratorium Makanan Ternak, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga, Surabaya. Analisis proksimat ikan awal dan akhir dilakukan di Laboratorium Penelitian dan Konsultasi Industri, Surabaya. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 20 September 2005 -- 16 Maret 2006. Perlakuan pada penelitian ini adalah penggunaan tepung daun turi dalam pakan buatan yaitu 0%, 3%, 6%, 9% dan 12%. Tiap perlakuan diutang sebanyak 4 kali. Komposisi pakan disusun isoprotein dan isokalori. Bobot ikan rata-rata 6,06 – 6,99 g. Ikan dipelihara dengan padat penebaran 1 ekor per 3 liter air. Ikan dipelihara selama 40 hari di dalam bak plastik bervolume 15 liter yang dilengkapi dengan aerator. Suhu air diatur antara 25 – 30°C. Air media pemeliharaan berasal dari sumur. Pergantian air dilakukan setiap hari sebelum pemberian pakan, sebanyak 50% dari volume air pemeliharaan. Ransum harian diberikan sebesar 3 % dari biomassa ikan. Penimbangan ikan dan penyesuaian ransum dilakukan setiap 10 hari sekali. Analisis proksimat ikan dilakukan pada awal dan akhir penelitian untuk menghitung retensi protein, retensi lemak dan retensi energi. Jumlah pakan yang dikonsumsi ikan dihitung setiap hari untuk mcnghitung efisiensi pakan, retensi protein, retensi lemak dan retensi energi. Penghitungnn jumlah ikan dilakukan pada awal dan akhir penelitian untuk menghitung kelangsungan hidup. Kualitas air diukur pada awal, pertengahan dan penelitian. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Peubah yang diamati adalah pertumbuhan yang meliputi pertambahan bobot tubuh, efisiensi pakan, retensi protein, retensi lemak, retensi energi dan kelangsungan hidup. Analisis data menggunakan analisis ragam (ANOVA) untuk mengetahui pengaruh perlakuan. Kemudian, untuk menguji perbedaan diantara perlakuan digunakan Uji Jarak Berganda Duncan (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa laju pertumbuhan, efisiensi pakan, retensi protein, retensi lemak dan retensi energi tertinggi dicapai pada pakan yang mengandung tepung, dan turi sebesar 6 - 9%. Pakan yang mengandung tepung daun turi sebesar 6 – 9% menunjukkan pertumbuhan yang baik untuk ikan nila hitam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH BP. 03/07 Fir p
Uncontrolled Keywords: SESBANIA; ARTIFICIAL FOOD, NILE TILAPIA
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FIRMANI, UMMUL, NIM. 060110031 PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorCahyoko, Yudi, Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 15 Jun 2007 12:00
Last Modified: 08 Jun 2017 19:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21149
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item