SIMULASI PENERAPAN CUSTOMER COST BERDASAR REGIONAL UNTUK ANALISA PROFITABILITAS PELANGGAN BERBASIS ACTIVITY BASED COSTING (STUDI KASUS PADA CV. TRIMITRA AGRO UTAMA)

PRAWIDHI SUMINARING TYAS, 040318352 (2009) SIMULASI PENERAPAN CUSTOMER COST BERDASAR REGIONAL UNTUK ANALISA PROFITABILITAS PELANGGAN BERBASIS ACTIVITY BASED COSTING (STUDI KASUS PADA CV. TRIMITRA AGRO UTAMA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-tyasprawid-10625-a112-09.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-tyasprawid-10134-a112-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Customer atau pelanggan merupakan faktor yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup suatu pelanggan perusahaan. Perusahaan yang menaksir profitabilitas berbagai pelanggannya mampu secara lebih akurat menargetkan pasar dan meningkatkan laba mereka, karena pada dasarnya setiap pelanggan mengkonsumsi sumber daya secara yang berbeda sehingga timbul customer cost yang harus dapat dikendalikan perusahaan. Horgen, Foster, Datar (2008:581) menyatakan bahwa akuntansi manajemen memberikan perhatian pada customer profitability analysis yang melaporkan dan menganalisis laporan pendapatan dan biaya setiap pelanggannya. Sehingga berdasarkan laporan tersebut, manajer mampu memastikan bahwa konstribusi pelanggan membawa dampak bagi keuntungan perusahaan. Dengan menggunakan customer profitability analysis maka CV. Trimitra Agro Utama yang merupakan objek penelitian dapat menentukan profitabilitas tiap pelanggannya sehingga dapat melakukan pengendalian atas customer cost untuk dapat meningkatkan laba dengan menghindari kerugian. Pendekatan penelitiaan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Sedangkan lingkup pembahasannya yaitu penggunaan metode Activity Based Costing (ABC) hanya digunakan pada pembebanan customer cost dan dilakukan pada pelanggan CV. Trimitra Agro Utama di wilayah Jawa Timur. CV. Trimitra Agro Utama adalah perusahaan yang berlokasi di Surabaya, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertanian yaitu, distributor pupuk dan obat – obatan pertanian. Dalam melakukan customer profitability analysis pada CV Trimitra Agro Utama diperlukan terlebih dahulu customer revenue analysis dan customer analysis. Dari hasil analisis dan pembahasan, ditemukan bahwa terdapat 3 pelanggan dengan net customer profit negatif. Setelah itu, pelanggan dikelompokan menjadi 4 yaitu champion, demander, cheapskate, dan losser, dimana pelanggan yang paling menguntungkan adalah kategori champion dan yang paling merugikan adalah kategori losser. Dengan pembagian pelanggan tersebut maka perusahaan dapat mengetahui apa yang harus dikelompokan pelanggan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 112 / 09 Tya p
Uncontrolled Keywords: Customer profitability analysis, customer cost
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
PRAWIDHI SUMINARING TYAS, 040318352UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAGUS WIDODO MARDIJUWONO, Drs.,M.Si.,AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 01 Sep 2009 12:00
Last Modified: 21 Jul 2016 04:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2130
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item