KUALITAS SPERMATOZOA DOMBA SETELAH PENCUCIAN DENGAN MEDIUM BRACKETT AND OLIPHANT'S (BO) PADA PENGENCER SUSU SKIM DAN SUSU KUNING TELUR

Yosaliah Fristian Sari, 060112917 (2006) KUALITAS SPERMATOZOA DOMBA SETELAH PENCUCIAN DENGAN MEDIUM BRACKETT AND OLIPHANT'S (BO) PADA PENGENCER SUSU SKIM DAN SUSU KUNING TELUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-sariyosali-2276-kkckk1-k.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-sariyosali-2276-kh135_0-u.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pencucian spermatozoa domba dengan medium Bracket and Oliphant (BO) terhadap kualitas spermatozoa baik persentase motilitas maupun jumlah hidup spermatozoa pads pengencer susu skim dan susu kuning telur. Dalam penelitian ini menggunakan semen domba ekor gemuk. Semen dibagi menjadi empat kelompok. Kelompok I (P1) spermatozoa hasil pencucian disimpan dalam pengencer susu skim dan kelompok II (P2) pada pengencer susu kuning telur, sedangkan kelompok III (P3) spermatozoa tanpa pencucian disimpan dalam pengencer susu skim dan kelompok IV (P4) pada pengencer susu kuning telur. Perbandingan antara spermatozoa dengan bahan pengencer adalah 1:10 pada setiap perlakuan. Pencucian dilakukan dengan menggunakan 3 ml medium BO, BSA dan kafein ditambah dengan 0,5 ml semen domba. Data penelitian berupa persentase motilitas dan jumlah hidup spermatozoa yang diperiksa setiap hari selama 5 hari sebanyak enam ulangan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-F, apabila terdapat perbedaan yang nyata antara perlakuan maka dilanjutkan dengan uji BNT 5%. Hasil penelitian terhadap persentase motilitas dan jumlah hidup spermatozoa menunjukkan perbedaan yang tidak nyata (p>0.05) diantara perlakuan baik P1, P2, P3 atau P4, tetapi masih terdapat perbedaan, sehingga kesimpulannya bahwa pencucian spermatozoa dengan medium BO pada pengencer susu kuning telur dapat meningkatkan motilitas dan jumlah hidup spermatozoa domba lebih baik dibandingkan pada pengencer susu skim ataupun kelompok kontrol spermatozoa tanpa pencucian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 135/06 Sar k
Uncontrolled Keywords: GOATS - SPERMATOZOA
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology > QL1-991 Zoology
S Agriculture > SF Animal culture > SF380-388 Goats
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
Yosaliah Fristian Sari, 060112917UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJola Rahmahani, M.Kes., DrhUNSPECIFIED
Thesis advisorTrilas Sardjito, M.Si., DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 26 Sep 2006 12:00
Last Modified: 30 Sep 2016 03:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21419
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item