MANFAAT LIMBAH PEMBUATAN TEPUNG BERAS SEBAGAI SUBSTITUSI JAGUNG TERHADAP PERSENTASE KARKAS DAN LEMAK ABDOMINAL AYAM PEDAGING JANTAN

Linda Tri Hastuti, 060810274 (2012) MANFAAT LIMBAH PEMBUATAN TEPUNG BERAS SEBAGAI SUBSTITUSI JAGUNG TERHADAP PERSENTASE KARKAS DAN LEMAK ABDOMINAL AYAM PEDAGING JANTAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-hastutilin-22303-6.abstr-t.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

penelitian dengan judul “Manfaat Limbah Pembuatan Tepung Beras sebagai Substitusi Jagung Terhadap Persentase Berat Karkas dan Lemak Abdominal Ayam Pedaging Jantan” dibawah bimbingan Dr. Sri Hidanah, Ir., M.S., selaku Dosen Pembimbing Utama dan Retno Bijanti, drh., M.S., selaku Dosen Pembimbing Serta. Penelitian ini dilakukan unutk mengkaji seberapa besar manfaat limbah pembuatan tepung beras sebagai substitusi jagung sebesar 10%, 20% dan 30% terhadap persentase berat karkas dan lemak abdominal ayam pedaging jantan. Hewan percobaan yang digunakan adalah 24 ekor ayam strain Cobb merk. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan acak lengkap yang terbagi atas empat perlakuan dengan masing-masing enam ulangan. Perlakuan yang diberikan dalam penelitian ini adalah penambahan limbah tepung beras dalam pakan sebagai substitusi jagung dengan kadar 10% untuk P1, kadar 20% untuk P2, kadar 30% untuk P3 dan kelompok P0 sebagai kelompok kontrol diberikan pakan tanpa substitusi limbah tepung beras. Data dianalisis menggunakan Anova yang dilanjutkan dengan Uji Berjarak Duncan’s dengan tingkat signifikan 5% untuk mengetahui perlakuan terbaik. Hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap manfaat limbah pembuatan tepung beras sebagai substitusi jagung terhadap persentase berat karkas, menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang nyata diantara perlakuan (P>0,05). Persentase berat karkas pada masing-masing perlakuan secara berurutan P0, P1,P2 dan P3 yaitu 64,11%, 68,57%, 65,63% dan 66,98%. Perhitungan persentase berat karkas dengan menggunakan Anova menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang nyata diantara perlakuan, sehingga pemanfaatan limbah tepung beras tidak berpengaruh terhadap persentase berat karkas ayam pedaging jantan. Persentase lemak abdominal pada masing-masing perlakuan secara berurutan P0, P1, P2 dan P3 yaitu 1,62%; 1,45%; 1,55% dan 1,62%. Perhitungan persentase lemak abdominal dengan menggunakan Anova menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang nyata (p > 0,05) diantara perlakuan, sehingga pemanfaatan limbah tepung beras tidak berpengaruh terhadap persentase lemak abdominal ayam pedaging jantan. Pemanfaatan limbah tepung beras sebagai substitusi jagung terhadap persentase karkas dan lemak abdominal ayam pedaging jantan tidak menunjukkan perbedaan yang nyata (p> 0,05) diantar perlakuan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemberian limbah pembuatan tepung beras terhadap persentase karkas dan lemak abdominal ayam pedaging jantan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 160 / 12 Has m
Uncontrolled Keywords: BROILER; CARCASS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsEmail
Linda Tri Hastuti, 060810274UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Hidanah, Dr., Ir., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 14 Jan 2013 12:00
Last Modified: 19 Sep 2016 06:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21558
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item