IDENTIFIKASI PROTOZOA PATOGEN PADA EKSOSKELETON LALAT RUMAH(Musca domestica) DI BEBERAPA RUMAH POTONG HEWAN DI SURABAYA DAN SIDOARJO

Ernestio Lumban Tobing, 061011150 (2014) IDENTIFIKASI PROTOZOA PATOGEN PADA EKSOSKELETON LALAT RUMAH(Musca domestica) DI BEBERAPA RUMAH POTONG HEWAN DI SURABAYA DAN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-tobingerne-35381-6.abstr-t.pdf

Download (635kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2015-tobingerne-35381-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Identifikasi Protozoa Patogen Pada Lalat Rumah (Musca domestica) Di Beberapa Rumah Potong Hewan Di Surabaya Dan Sidoarjo. Dibawah bimbingan Dr. Mufasirin, drh, M.Si. sebagai pembimbing utama dan Setya Budhy, drh, M.Si. sebagai pembimbing serta. Penularan protozoa patogen melalui serangga ke manusia lebih didominasi oleh penularan secara mekanik. Lalat M. domestica dapat membawa protozoa patogen melalui kontaminasi eksoskeleton, deposisi kotoran dan regurgitasi makanan. Mikroorganisme patogen berupa bakteri, virus, kista protozoa, telur cacing atau larva dibawa lalat secara mekanik pada beberapa bagian tubuh lalat. Beberapa jenis protozoa patogen yang dapat dibawa oleh lalat adalah E.histolytica, G. lamblia, C. parvum, Eimeria spp. dan B. coli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui protozoa patogen seperti E. histolytica, G. lamblia, C. parvum, Eimeria spp. dan B. coli yang dapat ditemukan pada eksoskeleton lalat M. domestica yang ada di beberapa RPH di Surabaya dan Sidoarjo. Lalat ditangkap dengan menggunakan dengan insect net kemudian dilakukan pemeriksaan parasitologi untuk mengidentifikasi bahwa benar lalat yang ditangkap adalah M. domestica. Kemudian lalat dicuci dengan NaCl fisiologis 0,9 % untuk pemeriksaan mikroskop pengidentifikasi protozoa yang terdapat pada eksoskeleton lalat yang ditangkap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH. 167-14 Tob i
Uncontrolled Keywords: MUSCA DOMESTICA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
Ernestio Lumban Tobing, 061011150UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMufasirin, Dr., drh, M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 04 Feb 2015 12:00
Last Modified: 20 Sep 2016 06:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21591
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item