GAMBARAN HISTOPATOLOGI HEPAR ULAR SANCA BATIK (Python reticulatus) YANG MENDERITA STOMATITIS ULCERATIF KRONIS SETELAH PENGOBATAN DENGAN EKSTRAK BUNGA MAWAR MERAH (Rosa damascena Mill)

Ranis Mardiana Safitrianti, 060911151 (2013) GAMBARAN HISTOPATOLOGI HEPAR ULAR SANCA BATIK (Python reticulatus) YANG MENDERITA STOMATITIS ULCERATIF KRONIS SETELAH PENGOBATAN DENGAN EKSTRAK BUNGA MAWAR MERAH (Rosa damascena Mill). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-safitriant-35395-6.abstr-t.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2015-safitriant-35395-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ranis Mardiana Safitrianti. Beberapa tahun terakhir, ular Sanca Batik (Python reticulatus) semakin banyak diminati sebagai hewan kesayangan karena memiliki motif dan warna yang sangat unik. Meningkatnya minat pehobi ini ternyata berbanding terbalik dengan pengetahuan memelihara reptil yang saat ini masih sangat kurang. Keadaan ini ternyata berdampak buruk pada hewan, salah satu penyakit yang banyak meresahkan pemelihara ular adalah peradangan pada rongga mulut atau stomatitis. (Dalton et al., 1995). Stomatitis atau mouth-rot pada ular dipicu oleh adanya trauma dan stres. Kondisi stres akan menyebabkan kekebalan seekor hewan menurun. Di dalam kandang yang sempit ular akan sering mengalami trauma atau perlukaan pada mulutnya. Hal tersebut akan memudahkan masuknya berbagai mikroorganisme ke dalam mulut ular. Karena sistem kekebalan yang menurun maka tubuh tidak mampu mengeliminasi mikroorganisme tersebut dan terjadilah perkembangan mikroorganisme menjadi lebih banyak di dalam jaringan mulut. Lama kelamaan mikroorganisme tersebut akan merusak jaringan-jaringan yang ada di dalam mulut ular, termasuk ke peredaran darah, menyebabkan sepsis serta menyebabkan perubahan pada organ interna yang lain (Kaplan dan Jereb 1995). Terapi pemulihan stomatitis selama ini masih menggunakan produk-produk seperti hidrogen peroksida dan kalium permanganat. Produk-produk ini ternyata mengandung bahan-bahan bersifat sitotoksik yang dapat merusak jaringan normal bersamaan dengan jaringan yang terluka. Oleh karena itu, diperlukan bahan yang memiliki sifat antiseptik tetapi tidak bersifat sitotoksik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH. 172-14 Saf g
Uncontrolled Keywords: STOMATITIS; PYTHON RETICULATUS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Ranis Mardiana Safitrianti, 060911151UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorM. Zainal Arifin, Dr., drh., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 04 Feb 2015 12:00
Last Modified: 20 Sep 2016 07:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21596
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item