KARAKTERISASI PROTEIN MEMBRAN Zoothamnium penaei DENGAN METODE SODIUM DODZCYL SULPHATE POLYACRILAMIDE GEL ELEKTROPHORESIS (SDS-PAGE)

FERY FANANI, 060210041 P (2007) KARAKTERISASI PROTEIN MEMBRAN Zoothamnium penaei DENGAN METODE SODIUM DODZCYL SULPHATE POLYACRILAMIDE GEL ELEKTROPHORESIS (SDS-PAGE). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fery Fanany.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-fananifery-9470-khbp19-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang windu (Penaeus monodon Fabricus) merupakan salah satu komoditas penkanan yang memberikan kontribusi sangat besar bagi pemerintahan. Usaha budidaya udang windu di Indonesia berkembang dengan pesat. Namun, budidaya udang windu ternyata dihadapkan pada kematian udang secara massal. Salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian udang secara massal adalah zoothamniosis. Zoothamniosis adalah penyakit parasiter pada udang yang disebabkan oleh Zoothamnium penaei. Penyakit ini menyerang permukaan tubuh, kaki, rostrum dan insang. Usaha pencegahan dan penanggulangan sudah sering dilakukan, seperti perbaikan sistem resirkulasi, pencegahan dengan formalin dan bahan-bahan kimia namun hasilnya belum memberikan hasil yang baik. Salah satu cara yang diharapkan dapat meningkatkan daya tahan tubuh udang adalah dengan mengaktifkan respon immun non spesifik pada tubuh udang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter protein membran Zoothamnium penaei dengan metode SDS-PAGE. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai informasi awal bagi penelitian selanjutnya dalam mencari protein membran spesifik Zoothamnium penaei. Penelitian ini dilaksanakan pada Juli 2006 sampai bulan Oktober 2006 di Laboratorium Parasitologi dan Laboratorium Biologi Molekuler, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Surabaya serta Laboratorium Biologi Molekuler, Fakultas MIPA Universitas Brawijaya Malang. Penelitian ini adalah penelitian desk iptif dengan tujuan untuk mengetahui karakter protein Zoothamnium penaei berdasarkan berat molekulnya menggunakan metode SDS-PAGE. Data penelitian berupa pita protein (band) pada gel dengan berat molekul tertentu. Penelitian ini menghasilkan tiga buah pita protein (band) Zoothamnium penaei masing-masing dengan berat molekul 163 kDa, 50,6407 kDa, dan 19,3508 kDa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kkc kk kh bp 19/08 Fan k
Uncontrolled Keywords: ZOOTHAMNIUM
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology > QL360-599.82 Invertebrates
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF780.2-780.7 Veterinary microbiology, bacteriology, virology, mycology
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
FERY FANANI, 060210041 PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahayu Kusdarwati, Ir., M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorSri Subekti B S, Prof., Dr., Hj., DEA., DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 04 May 2009 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 02:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21666
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item