ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETIDAKTEPATAN JADWAL PELAKSANAAN OPERASI DI INSTALASI KAMAR OPERASI RUMAH SAKIT PHC SURABAYA

SISWA KUSUMA WIJAYA, 100431544 (2007) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETIDAKTEPATAN JADWAL PELAKSANAAN OPERASI DI INSTALASI KAMAR OPERASI RUMAH SAKIT PHC SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-wijayasisw-9652-fkm080-k.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-wijayasisw-9392-fkm08-08.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Instalasi kamar operasi sebagai salah satu revenue centre dari RS. PHC Surabaya, diharapkan mampu memberikan konstribusi keuntungan yang menunjang operasional RS. PHC Surabaya. Ketidaktepatan jadwal pelaksanaan operasi akan mempengaruhi kinerja kamar operasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun upaya peningkatkan ketepatan jadwal operasi di Instalasi kamar operasi RS. PHC Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian observasional deskriptif yang dilakukan pada bulan Februari 2007. Sampel penelitian ini adalah dokter spesialis pembedahan baik organik maupun konsultan. Data mengenai penilaian dan harapan dan harapan dokter terhadap protap, komunikasi internal dan fasilitas kamar operasi diperoleh dengan wawancara menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa I) Protap dan sisdur di kamar operasi sebagian besar sudah ada tetapi masih belum disyahkan oleh direksi RS. PHC Surabaya, belum adanya sistim informasi penjadwalan operasi, 2) Kurangnya komunikasi yang baik antara petugas dengan dokter yang akan melakukan pembedahan, 3) Kelengkapan peralatan dan perlengkapan dinilai cukup, sedangkan untuk ruangan dokter perlu direnovasi dan ditata ulang. Upaya rekomendasi yang harus dilakukan antara lain: 1) Adanya prosedur tetap tentang pemberitahuan konfirmasi pelaksanaan operasi, 2) Ada petugas administrasi, 3) Adanya sisdur yang mengatur tentang penerimaan dan pelaksanaan operasi yang sistimatis, 4) Aplikasi sistim informasi penjadwalan operasi secara on line, 5) Komunikasi yang baik antara petugas kamar operasi dengan dokter, 6)Persiapan peralatan dan kelengkapan operasi sudah siap minimal 30 menit sebelum operasi dilakukan, 7) Pengadaan peralatan dan perlengkapan operasi secara rutin mengikuti perkembangan teknologi mutakhir, 8) Renovasi ruangan dokter kamar operasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 08 08 Wij a
Uncontrolled Keywords: OPERATING ROOMS
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
SISWA KUSUMA WIJAYA, 100431544UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWidodo J.P, . dr.MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 06 Apr 2009 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 15:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21874
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item