PERBEDAAN KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL REMAJA DAN IBU HAMIL DEWASA (Studi di Puskesmas Pakis Surabaya)

ERA PUSPITASARI, 100810359 (2012) PERBEDAAN KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL REMAJA DAN IBU HAMIL DEWASA (Studi di Puskesmas Pakis Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-puspitasar-21953-7.abstr-.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM.268-12.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kehamilan pada usia remaja memposisikan ibu pada risiko tinggi terhadap kesehatan dan komplikasi saat kehamilan. Beberapa kondisi ini meliputi tingginya morbiditas, mortalitas dan komplikasi lainnya termasuk anemia. Anemia gizi masih merupakan salah satu masalah gizi yang utama di Indonesia. Akan tetapi data yang menggambarkan kejadian anemia pada ibu hamil remaja dan ibu hamil dewasa masih sangat terbatas. Tujuan penelitian adalah menganalisis perbedaan kejadian anemia pada ibu hamil remaja (≤20 tahun) dan ibu hamil dewasa (>20 tahun). Penelitian ini dilaksanakan secara observasional analitik dengan rancangan cross sectional, dengan sampel sebanyak 45 sampel yang didapatkan melalui teknik propotionate random sampling. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan kuesioner untuk mengetahui karakteristik ibu, pengetahuan tentang anemia dan tablet besi, riwayat kesehatan reproduksi, riwayat perdarahan, form Food Frequency untuk mengetahui pola makan, form Food Recall 2x24 jam untuk menganalisa asupan gizi dan pemeriksaan hemoglobin untuk mengetahui kadar hemoglobin ibu. Data sekunder diperoleh dari profil Puskesmas 2011. Hasil menunjukkan tidak terdapat perbedaan kejadian anemia antara ibu hamil remaja dan ibu hamil dewasa (p=0,466). Perbedaan antar variabel dianalisis dengan menggunakan uji chi square sehingga diketahui bahwa klasifikasi kelompok ibu hamil tidak signifikan terhadap kejadian anemia (p>0,05) Kesimpulan penelitian adalah tidak terdapat perbedaan kejadian anemia antara ibu hamil remaja dan ibu hamil dewasa. Disarankan adanya upaya pencegahan melalui penyuluhan pada ibu hamil di Poli KIA Puskesmas Pakis Surabaya mengenai pencegahan anemia pada kehamilan dengan mengatur pola makan yang sehat dan meningkatkan pengetahuan tentang anemia dan tablet besi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.268/12 Pus p
Uncontrolled Keywords: PREGNANT
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA645.3-645.37 Home health care services
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
ERA PUSPITASARI, 100810359UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Adiningsih,, Dr., dr., M.S., M.CN.UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 21 Dec 2012 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 01:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21883
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item