HUBUNGAN PERILAKU PASIEN HIPERTENSI DENGAN TERKONTROLNYA TEKANAN DARAH (Studi Kasus di Puskesmas Ikis Kota Surabaya)

MARTHEN LATUTAMALLO, 100431581 (2006) HUBUNGAN PERILAKU PASIEN HIPERTENSI DENGAN TERKONTROLNYA TEKANAN DARAH (Studi Kasus di Puskesmas Ikis Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-latutamall-2324-fkm350-k.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-latutamall-2324-fkm3506.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hipertensi adalah keadaan peningkatan tekanan darah yang memberikan gejala yang akan berlanjut untuk suatu target organ seperti strok (otak), penyakit jantung koroner (pembuluh darah jantung) dan hipertropi ventrikel kiri (untuk otot jantung). 50% penderita hipertensi tidak mengetahui dan tidak sadar bahwa tekanan darah mereka meninggi. Hipertensi sebagai penyebab kematian utama tertinggi yaitu sebesar 53,8% dari kelompok penyakit kardiovaskuler. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari karakteristik responden (umur, jenis lamin dan tingkat pendidikan), hubungan dan besar risiko perilaku pasien terhadap kejadian hipertensi dengan terkontrolnya tekanan darah di Puskesmas Pakis Kota Surabaya. Penelitian dilaksanankan dengan rancangan kasus kontrol dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Wawancara dengan mengunakan kuesioner dilaksanakan pada 86 responden. Subjek ditarik dari populasi dengan cara acak sistematis. Wawancara mendalam dilakukan untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang variabel – variabel yang diteliti adalah umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pengetahuan pasien, sikap pasien dan tindakan pasien. Hasil penelitian yang menunjukan ada hubungan adalah, pengetahuan pasien dengan terkontrolnya tekanan darah pada kejadian hipertensi (p = 0,018), sikap pasien dengan terkontrolnya tekanan darah pads kejadian hipertensi (p = 0,043) tindakan pasien dengan terkontrolnya tekanan darah pada kejadian hipertensi (p = 0,001). Kesimpulan penelitian adalah Karaskteristik penderita hipertensi meliputi ; umur, jenis kelamin dan tingkat pendidikan serta Ada hubungan pengetahuan pasien tentang penyakit hipertensi dengan terkontrolnya tekanan darah di Puskesmas Pakis Kota Surabaya, Ada hubungan sikap pasien tentang penyakit hipertensi dengan terkontrolnya tekanan darah di Puskesmas Pakis Kota Surabaya, Ada hubungan tindakan pasien tentang penyakit hipertensi dengan terkontrolnya tekanan darah di Puskesmas Pakis Kota Surabaya. Usaha-usaha guna meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan masyarakat dalam menangani hipertensi hendaknya lebih ditingkatkan terutama pada petugas kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.35/06 Lat h
Uncontrolled Keywords: Hypertension; controlized blood pressure.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
R Medicine > RC Internal medicine > RC666-701 Diseases of the circulatory (Cardiovascular) system
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MARTHEN LATUTAMALLO, 100431581UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorArief Hargono, -UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 29 Sep 2006 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 06:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21892
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item