BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA MAHASISWA ALIH JALUR NON REGULER SORE ANGKATAN 2004 DI FKM UNAIR

SATRIYA WIJAYA, 100431538 (2006) BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA MAHASISWA ALIH JALUR NON REGULER SORE ANGKATAN 2004 DI FKM UNAIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-satriyawij-2337-fkm410-k.pdf

Download (329kB)
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-satriyawij-2337-fkm4106.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah hipertensi banvak dijumpai pada masyarakat terutama pada tenaga kesehatan yang bekerja pada pelayanan kesehatan primer. Sebagian dari mereka ada beberapa yang mendapat tugas untuk belajar atau melanjutkan studi pada perguruan tinggi yang mereka pilih yang nantinya setelah selesai masa studinya dapat menunjang dan meningkatkan jenjang karir mereka, dan beberapa dari mereka yang menjadi mahasiswa tugas belajar khususnya di FKM Unair ada yang mendapat beasiswa dari Dinas Kesehatan namun ada pula yang meneruskan studinya dengan biaya sendiri. Penelitian ini mempelajari tentang faktor yang berhubungan dengan kasus hipertensi pada mahasiswa non reguler sore angkatan 2004 di FKM Unair. Jenis penelitian ini adalah observasional dan menurut analisa datanya termasuk penelitian analitik, sedangkan disain penelitian yang digunakan adalah Cross Sectional. Sampel dari penelitian ini adalah 108 orang. Untuk menganalisis hubungan antara faktor genetik, umur, jenis kelamin, obesitas, olahraga, tipe kepribadian, riwayat kesehatan dengan hipertensi digunakan uji Chi-Kuadrat. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara faktor genetik (p = 0,00), umur (p = 0,01), jenis kelamin (p = 0,0 I ), tingkat obesitas (p = 0.03), tipe kepribadian (p = 0,01), riwayat kesehatan (p = 0,03) dengan kejadian hipertensi sedangkan faktor aktivitas olahraga (p = 1,00) tidak punya hubungan yang bermakna dengan kejadian hipertensi. Upava pencegahan perlu dilakukan untuk menekan angka kejadian hipertensi vaitu dengan menganjurkan untuk merubah pola hidup mereka, untuk yang obesitas perlunya mengatur pola makan mereka dengan melakukan diet seimbang dan melakukan aktivitas olahraga secara teratur dan bagi yang puma riwayat DM dan gangguan fungsi ginjal hendaknva sadar dan selalu menjaga kesehatan agar tidak terjadi komplikasi hipertensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.41/06 Wij b
Uncontrolled Keywords: Hypertension; Obesity; Sport; Type of Personality
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC666-701 Diseases of the circulatory (Cardiovascular) system
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Epidemiologi
Creators:
CreatorsEmail
SATRIYA WIJAYA, 100431538UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorChatarina U W, Dr., dr., M.S., M.PHUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 29 Sep 2006 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 04:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21897
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item