ANALISIS KESIAPAN RUMAH SAKIT ONKOLOGI SURABAYA DALAM IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BERBASIS KOMPUTER

ANDINI YULINA PRAMONO, 100210938 (2006) ANALISIS KESIAPAN RUMAH SAKIT ONKOLOGI SURABAYA DALAM IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BERBASIS KOMPUTER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-pramonoand-2506-fkm113-k.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-pramonoand-2506-fkm113-6.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Memasuki milenium ketiga, Indonesia diharuskan meningkatkan kualitasnya, termasuk pelayanan kesehatan. Pembangunan suatu sistem informasi manajemen berbasis komputer di rumah sakit dapat memberikan kemudahan dan kecepatan dalam mendapatkan dan memanfaatkan informasi yang terintegrasi untuk pelaksanaan pelayanannya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kesiapan Rumah Sakit Onkologi Surabaya dalam implementasi sistem informasi manajemen berbasis komputer. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan observasional. Sampel penelitian ini adalah 62 orang karyawan untuk faktor brainware, manajer madya dan manajer puncak sebanyak 10 orang untuk faktor organisasi serta 1 orang pejabat rumah sakit dan 1 dari pihak vendor untuk faktor hardware dan software. Penelitian ini dilakukan pada Mei sampai Juli 2006 dengan wawancara, kuesioner dan observasi langsung. Hasil pengukuran tersebut dibandingkan dengan standar kesiapan. Hasil penghitungan dan pengkategorian skor pada masing-masing variabel kurang dari 75% (< 75%). Faktor brainware dan organisasi di Rumah Sakit Onkologi Surabaya belum siap dalam implementasi SIM berbasis komputer. Sedangkan faktor hardware dan software di Rumah Sakit Onkologi Surabaya sudah siap dalam implementasi SIM berbasis komputer. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Rumah Sakit Onkologi Surabaya belum siap dalam implementasi SIM berbasis komputer. Saran dari penelitian ini adalah pengadaan pelatihan untuk karyawan, kajian Wang jumlah komputer, pengadaan penelitian lanjutan tentang motivasi dan kemampuan praktek karyawan serta pertemuan rutin dan reedukasi untuk para manajer madya dan puncak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.113/06 Pra a
Uncontrolled Keywords: hardware, software, brainware, computer-based management information system, readiness.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsEmail
ANDINI YULINA PRAMONO, 100210938UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNyoman Anita D, Dr., drg., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 10 Oct 2006 12:00
Last Modified: 06 Jul 2017 17:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21899
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item