HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI,UMUR DAN SHIFT KERJA DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA TENAGA KERJA DI BAGIAN PACKING PT. IGLAS (PERSERO)

HANA ARTININGSIH, 100431589 (2006) HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI,UMUR DAN SHIFT KERJA DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA TENAGA KERJA DI BAGIAN PACKING PT. IGLAS (PERSERO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-artiningsi-2690-fkm154-k.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-artiningsi-2690-fkm154-6.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Produktivitas merupakan kaitan antara basil kerja dengan satuan waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan suatu produk. Produktivitas dipengaruhi oleh berbagai faktor secara langsung maupun tidak langsung, baik yang berhubungan dengan tenaga kerja itu sendiri maupun faktor lainnya, seperti gizi dan kesehatan, keterampilan, pendidikan dan lain sebagainya. Penelitian ini dilakukan di Bagian Packing PT. IGLAS (Persero) yang bergerak dalam bidang pembuatan gelas, dan tenaga kerja digaji berdasarkan sistem borongan. Dengan adanya sistem borongan tersebut tenaga kerja berusaha mendapatkan jumlah kemas botol sehanyak-banyaknya sehingga tenaga kerja merupakan kondisi tubuh dan kesehatannya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh status gizi, umur dan shift kerja terhadap produktivitas kerja tenaga kerja di Bagian Packing PT. IGLAS (Persero). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik, sedangkan menurut waktunya termasuk penelitian cross sectional. Sampel diambil secara total sampling sejumlah 42 orang tenaga kerja yang berjenis kelamin wanita. Pengambilan data dilaksanakan pads bulan April 2006 dan data yang diambil adalah data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa shift kerja dalam penelitian ini adalah shift pagi dan shift siang masing-masing shift sebanyak 21 orang sampel. Berdasarkan tabulasi silang didapatkan basil ada hubungan antara satus gizi, umur dan shift kerja dengan produktivitas kerja di Bagian Packing PT. IGLAS (Persero). Dengan mengetahui adanya hubungan antara status gizi, umur dan shift kerja dengan produktivitas kerja, maka disarankan kepada pihak perusahaan untuk memperhatikan masalah gizi kerja dan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang faktor gizi maupun faktor lain yang berhubungan dengan produktivitas kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.154/06 Art h
Uncontrolled Keywords: productivity; nutritional status; age; work shift
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsEmail
HANA ARTININGSIH, 100431589UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNeffrety Nilamsari, S.Sos., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 19 Oct 2006 12:00
Last Modified: 06 Jul 2017 17:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21913
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item