HUBUNGAN KESESUAIAN STASIUN KERJA DENGAN TIMBULNYA KELUHAN SUBYEKTIF MUSKULOSKELETAL DISORDERs (MSDs) (Studi Pada Pekerja Rekam Medis)

DANANG SUDARSONO, 100830201 (2010) HUBUNGAN KESESUAIAN STASIUN KERJA DENGAN TIMBULNYA KELUHAN SUBYEKTIF MUSKULOSKELETAL DISORDERs (MSDs) (Studi Pada Pekerja Rekam Medis). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-sudarsonod-15116-kkckkf-k.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-sudarsonod-12596-kkckkf-h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Timbulnya keluhan muskuluskeletal disorders (MSDs) pada petugas rekam medis berhubungan dengan beberapa faktor yaitu gerakan yang berulang-ulang, posisi kerja yang tidak sesuai atau postur tubuh yang tidak sesuai dalam jangka waktu lama, dan kerja yang statis. Jika fasilitas stasiun kerja tidak dirancang sesuai dengan antropometri (ukuran tubuh) pekerja, maka akan menimbulkan sikap kerja yang tidak sesuai atau salah sehingga menimbulkan berbagai macam keluhan muskuluskeletal disorders. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan kesesuaian stasiun kerja dengan timbulnya keluhan muskuluskeletal disorders (MSDs) pada petugas rekam medis di Rumah Sakit Petrokimia Gresik, Semen Gresik, dan Muhammadiyah Gresik Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik. Populasi penelitiannya adalah karyawan atau petugas rekam medis yang memenuhi syarat dalam populasi berjumlah 34 responden. Variabel yang diteliti adalah kesesuaian stasiun kerja, antropometri dan keluhan MSDs. Pengujian hubungan dilakukan dengan uji Koefisien Kontigensi (α 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara; ketidaksesuaian jarak keyboard dengan keluhan pada leher (approx.sign sebesar 0.01); ketidaksesuaian tinggi monitor dengan keluhan pada pinggang (approx.sign sebesar 0.04), dan sikap duduk dengan keluhan pada panggul (approx.sign 0.04). Disimpulkan bahwa penyediaan fasilitas peralatan atau stasiun kerja harus disesuaikan dengan antropometri (ukuran tubuh) petugas rekam medis (tabel 6.11) agar dapat mencegah timbulnya keluhan muskuluskeletal disorders (MSDs) secara dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 77/10 Sud h
Uncontrolled Keywords: MUSCULOSKELETAL DICORDERS
Subjects: R Medicine > RB Pathology
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
DANANG SUDARSONO, 100830201UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorErwin Dyah Nawawinetu, , dr., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 23 Feb 2011 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 08:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21946
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item