EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN MEDIA KWARTET GIZI DALAM PENGETAHUAN MAKANAN BERGIZI PADA SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Penelitian di Sekolah Dasar Islam Roudlotul Ulum Surabaya)

AJENG TRI SULISTYANINGRUM, 100610020 (2010) EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN MEDIA KWARTET GIZI DALAM PENGETAHUAN MAKANAN BERGIZI PADA SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Penelitian di Sekolah Dasar Islam Roudlotul Ulum Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-sulistyani-15171-kkckkf-k.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-sulistyani-12640-kkckkf-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tinggginya kasus malnutrisi di Indonesia pada anak-anak, lebih dari 4,1 juta balita yang mengalami malnutrisi sebanyak 3,38 juta mengalami gizi kurang dan resiko gizi buruk sebanyak 755.000 balita. Selain itu dari penemuan BPPOM terdapat 40% makanan yang beredar di kalangan anak-anak mengandung zat berbahaya yang berpotensi kanker. Siswa sekolah dasar perlu diberi pengetahuan tentang makanan bergizi secara lebih dini. Permaianan kwartet gizi diasumsikan sebagai alat bantu belajar yang tepat bagi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari efektifitas media permainan kwartet gizi dalam pengetahuan makanan bergizi bagi siswa Sekolah Dasar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah experimental quasi dengan responden total populasi siswa SD kelas 4 Sekolah Dasar Islam Roudlotul Ulum Surabaya. Untuk melihat efektifitas media dilihat perbedaan pengetahuan dan sikap awal atau sebelum dilakukan perlakuan dengan setelah dilakukan perlakuan selama 3 kali untuk melihat trend yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan kelompok perlakuan meningkat ≥ 75% dari total responden dan didukung dengan hasil uji statistik p<0.05, yang berarti ada perbedaan antara pengetahuan sebelum dengan sesudah diberi perlakuan dengan metode permainan kwartet gizi, Sedangkan, untuk kelompok kontrol peningkatan pengetahuan terjadi ≤ 75% dari total responden, berdasarkan uji statistik hasil yang didapatkan p>0.05, yang berarti tidak ada perbedaan antara pengetahuan sebelum dengan sesudah diberi perlakuan dengan menggunakan ceramah, sehingga dapat disimpulkan bahwa media permainan kwartet gizi efektif dalam peningkatan pengetahuan makanan bergizi pada siswa kelas 4 Sekolah Dasar. Namun baik pada permainan kwartet gizi maupun ceramah keduanya tidak efektif dalam meningkatkan sikap siswa terhadap makanan bergizi. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah individu akan menunjukkan respon setelah diberi stimulus atau rangsangan. Respon tersebut bisa negative ataupun positif. Hal ini bergantung pada tingkat efektif media yang digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 69/10 Sul e
Uncontrolled Keywords: NUTRITION
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
AJENG TRI SULISTYANINGRUM, 100610020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSaenun, dr., M. SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 24 Feb 2011 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 08:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21959
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item