PERBEDAAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN IBU RUMAH TANGGA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH SERTA KEPADATAN LALAT DI LINGKUNGAN RUMAH (Studi di Kampung Wisata Lingkungan Kelurahan Gundih)

ARISA DEWI ARUM SARI, 100610004 (2010) PERBEDAAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN IBU RUMAH TANGGA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH SERTA KEPADATAN LALAT DI LINGKUNGAN RUMAH (Studi di Kampung Wisata Lingkungan Kelurahan Gundih). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-sariarisad-15452-kkckkf-k.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-sariarisad-12829-kkckkf-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sampah merupakan masalah serius di Kota Surabaya. Surabaya Green and Clean merupakan peran serta pemerintah untuk mendorong masyarakat agar lebih peduli terhadap pengelolaan sampah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan pengetahuan, sikap, dan tindakan ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah serta kepadatan lalat di lingkungan rumah antara RT icon wisata lingkungan dan yang bukan. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dan bersifat analitik. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Unit sampel penelitian adalah 78 rumah yang dilakukan pengukuran kepadatan lalat dan tiap rumah diambil salah satu ibu rumah tangga untuk diwawancarai. Uji statistik yang digunakan adalah Chi square. Sebagian besar responden di RT icon wisata lingkungan berusia dewasa (18-40 tahun) sedangkan responden di RT bukan icon wisata lingkungan berusia tua (> 40 tahun). Kedua kelompok responden berpendidikan terakhir SMA/sederajat dan tidak bekerja. Tidak ada perbedaan tingkat pengetahuan (p = 0,075) dan sikap (p = 1,00) tetapi ada perbedaan tindakan dalam pengelolaan sampah (p = 0,014). Tidak ada perbedaan kepadatan lalat di luar (p = 0.211) dan di dalam rumah (p = 1,00) responden. Sebagian besar keluarga responden tidak mengalami gangguan kesehatan selama 3 bulan terakhir. Penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan pengetahuan dan sikap responden tetapi ada perbedaan tindakan dalam pengelolaan sampah sedangkan kepadatan lalat di luar dan di dalam rumah tidak berbeda. Disarankan untuk mengganti bak sampah yang sesuai dengan syarat (kuat, tertutup dan tidak bocor) dan memberlakukan kembali sanksi bagi ibu rumah tangga yang tidak melakukan pengelolaan sampah dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 85/10 Sar p
Uncontrolled Keywords: ENVIRONMENTAL HEALTH
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA565-600 Environmental health, Including sewage disposal, air pollution, nuisances, water supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
ARISA DEWI ARUM SARI, 100610004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLilis Sulistyorini, , Ir.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 01 Mar 2011 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 12:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21967
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item