PERBEDAAN PERSONAL HYGIENE DAN RESPON PERTAMA REMAJA DESA DAN KOTA PADA SAAT MENGALAMI MENARCHE

ARI CHRISTIANA, 100830183 (2010) PERBEDAAN PERSONAL HYGIENE DAN RESPON PERTAMA REMAJA DESA DAN KOTA PADA SAAT MENGALAMI MENARCHE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-christiana-15545-kkckkf-k.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-arichristi-12900-kkckkf-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sampai saat ini membicarakan masalah kesehatan reproduksi remaja, khususnya masih dianggap tabu oleh sebagian besar masyarakat. Padahal remaja sangat membutuhkan informasi dan penjelasan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan masalah kesehatan reproduksi, khususnya tentang menarche. Respon remaja saat mengalami menarche bermacam-macam. Salah satu informasi yang juga perlu diberikan adalah mengenai personal hygiene saat menarche. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan personal hygiene dan respon individu pertama saat mengalami menarche pada remaja perkotaan (SMPN 1 Krian) dan pedesaan (SMPN 1 Prambon) dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel diambil secara simple random sampling. Pengambilan data dilakukan pada 29 responden pada masing-masing populasi khususnya pada variabel personal hygiene dan respon individu pertama saat menarche dengan menggunakan kuesioner. Dari hasil penelitian yang dianalisis menggunakan uji Chi-Square Yate’s Correction for Continuty dengan nilai α 0,05 didapatkan tingkat signifikasi 0,289 berarti H0 ditolak artinya tidak ada perbedaan personal hygiene antara remaja perkotaan dan pedesaan. Sedangkan untuk variabel respon individu saat menarche dianalisis dengan Fisher’s Exact Test didapatkan tingkat signifikasi sebesar 1,000 sehingga H0 ditolak, yang berarti tidak ada perbedaan respon individu antara remaja perkotaan dan pedesaan saat mengalami menarche. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah personal hygiene dan respon individu pertama pada remaja saat menarche di perkotaan maupun pedesaan masih kurang baik, sehingga diperlukan pendidikan kesehatan pada remaja agar mereka dapat menjalani reproduksinya dengan sehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 84-10 Chr p
Uncontrolled Keywords: HYGIENE AND MENARCHE
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
ARI CHRISTIANA, 100830183UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLutfi Agus Salim, , S.KM, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 02 Mar 2011 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 12:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21972
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item