FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN GANGGUAN OTOT RANGKA PADA BURUH ANGKUT WANITA DI PASAR PABEAN SURABAYA

RINI NOVIANTI, 100610115 (2011) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN GANGGUAN OTOT RANGKA PADA BURUH ANGKUT WANITA DI PASAR PABEAN SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-noviantiri-15871-kkckkf-k.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-noviantiri-13236-kkckkf-f.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Buruh angkut wanita adalah pekerja yang beresiko tinggi terkena gangguan otot rangka. Gangguan otot rangka adalah keluhan yang dirasakan pada bagian otot rangka. Gangguan otot rangka dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain umur, masa kerja, lama kerja, status gizi, berat beban yang diangkut, sikap kerja, frekuensi mengangkut, dan durasi mengangkut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari faktor-faktor yang berhubungan dengan gangguan otot rangka pada buruh angkut wanita di Pasar Pabean Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah semua buruh angkut wanita di Pasar Pabean Surabaya yang berjumlah 25 orang. Data diperoleh melalui kuesioner, lembar observasi, dan kuesioner Nordic Body Map. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan untuk menganalisa kuat hubungan antar variabel digunakan uji Spearman’s correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua buruh angkut wanita pernah mengalami gangguan otot rangka. Gangguan otot rangka yang dialami oleh buruh angkut wanita sebagian besar adalah gangguan otot rangka tingkat sedang yaitu 13 responden dari 25 responden (52%). Distribusi bagian tubuh yang sering mengalami gangguan otot rangka adalah bagian leher (100%), lengan atas kiri (80%) dan lengan atas kanan (76%), bahu kiri (72%) dan bahu kanan (68%), serta pinggang (76%). Terdapat hubungan yang kuat yang ditunjukkan oleh masa kerja, lama kerja, berat beban, sikap kerja, dan durasi mengangkut. Hubungan yang lemah terdapat pada umur, status gizi, dan frekuensi mengangkut. Berdasarkan hasil diatas dapat disarankan kepada PD. Pasar Surya untuk memelihara area pasar untuk mendapatkan kondisi kerja yang nyaman khususnya untuk buruh angkut wanita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 139/10 Nov f
Uncontrolled Keywords: MUSCULOSKELETAL DISEASE
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA643-645 Disease (Communicable and noninfectious) and public health
R Medicine > RB Pathology
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
RINI NOVIANTI, 100610115UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSho’im Hidayat, , dr.,M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 09 Mar 2011 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 12:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21973
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item