ANALISIS PEMANFAATAN BERLEBIH ( OVER UTILITY ) OLEH PASIEN INTEREN DI PPK TINGKAT I WILAYAH RS GATOEL MOJOKERTO

MIRANDA NOVITASARI, 100610 024 (2010) ANALISIS PEMANFAATAN BERLEBIH ( OVER UTILITY ) OLEH PASIEN INTEREN DI PPK TINGKAT I WILAYAH RS GATOEL MOJOKERTO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-novitasari-15935-kkckkf-k.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-novitasari-13337-kkckkf-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berawal dari tingginya angka pemanfaatan (utilization rate) di PPK TK I wilayah RS Gatoel melebihi standar nasional yaitu 15%, maka perlu dilakukan analisis penyebab terjadinya hal tersebut. Banyak faktor yang mempengaruhi, tetapi yang disorot dalam penelitian ini adalah faktor peserta dan faktor PPK. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor penyebab tingginya angka pemanfaatan pelayanan kesehatan di PPK TK I Wilyah RS Gatoel. Faktor penyebab yang diteliti adalah faktor peserta dan faktor PPK. Faktor peserta antara lain karakteristik peserta (umur, jenis kelamin, pendidikan, dan status pernikahan), pola pencarian pengobatan pasien interen, perilaku kesehatan pasien interen. Faktor PPK antara lain upaya preventif dan promotif yang dilakukan PPK TK I serta standard dan prosedur yang dilakukan oleh pihak PPK TK I. Penelitian ini bersifat analitik dan termasuk penelitian cross sectional. Sampel sebesar 96 orang, diambil dari pasien interen yang berkunjung ke PPK di mana pasien interen tidak memiliki riwayat penyakit kronis. Sampel tersebar di 5 poliklinik PG dan poli umum RS Gatoel. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random dengan kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan uji regresi logistik yang dilakukan pada tiga variabel yaitu karakteristik peserta, pola pencarian pengobatan pasien interen, dan perilaku kesehatan pasien interen diperoleh hasil perilaku kesehatan buruk pasien interen mempengaruhi tingginya angka pemanfaatan pelayanan kesehatan. Selain itu, dua variabel yang disajikan dalam bentuk deskriptif yaitu upaya preventif dan promotif yang dilakukan PPK TK I serta standar dan prosedur pengendalian pemanfaatan yang dilakukan PPK TK I, mempengaruhi tingginya angka pemanfaatan di PPK TK I.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 90/10 Nov a
Uncontrolled Keywords: HEALTH SERVICES AND PATIENT SATISFACTIONS
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
MIRANDA NOVITASARI, 100610 024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWidodo J, . P., dr., M.S., M.PH., Dr.PHUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 10 Mar 2011 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 12:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21974
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item