BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN GANGGUAN NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA PENGEMUDI BUS (Studi kasus pengemudi bus di Perum DAMRI Ponorogo)

REZA DWIKI ADITYA, 100610206 (2010) BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN GANGGUAN NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA PENGEMUDI BUS (Studi kasus pengemudi bus di Perum DAMRI Ponorogo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-adityareza-15945-kkckkf-k.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-adityareza-13348-kkckkf-b.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mengemudi merupakan salah satu jenis pekerjaan yang mempunyai risiko gangguan nyeri punggung bawah. Posisi duduk yang salah dan gerakan berulang – ulang yang tidak alami merupakan penyebab yang sering ditemukan. Kondisi ini juga dialami oleh para pengemudi bus DAMRI (rute Ponorogo – Jambi). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan timbulnya gangguan nyeri punggung bawah (low back pain =LBP) pada pengemudi bus. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk upaya pencegahan timbulnya LBP. Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Besar sampelnya 37 responden diambil dari 41 populasi dengan cara simple random sampling. Hubungan antar variabel independen yaitu karakteristik individu (umur, masa kerja, lama kerja dan istirahat, kebiasaan merokok, kebiasaan olahraga, ukuran antropometri, dan status gizi), karakteristik bus (merk, tahun pembuatan, dan kursi kerja) dengan variabel dependen yaitu LBP, di uji dengan regresi logistik (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan 72,9 % responden mengalami LBP. Diperoleh hubungan bermakna antara Status Gizi (p = 0.045), Kebiasaan Olahraga (p = 0,021), dan Kondisi busa Sandaran Punggung (p = 0,046) dengan LBP. Disarankan pada manajemen DAMRI agar sandaran punggung dapat diatur sesuai dengan antropometri pengemudi, untuk pengemudi supaya menjaga BMI pada kisaran normal, melakukan olahraga seperti jalan, jogging, dan renang secara teratur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 131/10 Adi b
Uncontrolled Keywords: PAIN AND BACKACHE
Subjects: R Medicine > RB Pathology
T Technology > T Technology (General) > T57.6-57.97 Operations research. Systems analysis
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
REZA DWIKI ADITYA, 100610206UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErwin Dyah Nawawinetu, , dr., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 10 Mar 2011 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 12:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21978
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item