PERBEDAAN KADAR ZINC DAN TINGKAT KONSUMSI SUMBER ZINC PADA BALITA STATUS GIZI (BB/U) KURANG DAN STATUS GIZI (BB/U) NORMAL

ANA FIDIANI, 100610099 (2010) PERBEDAAN KADAR ZINC DAN TINGKAT KONSUMSI SUMBER ZINC PADA BALITA STATUS GIZI (BB/U) KURANG DAN STATUS GIZI (BB/U) NORMAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-fidianiana-13379-kkckkf-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
5.pdf

Download (161kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan gizi kurang masih menjadi salah satu penyebab tingginya angka kesakitan dan kematian balita di Indonesia. Kelompok usia yang rentan mengalami masalah gizi kurang adalah usia balita, terutama balita yang sudah disapih atau tidak minum ASI lagi. Hal ini merupakan ancaman timbulnya loss generation di masa yang akan datang. Prevalensi gizi kurang di wilayah kerja Puskesmas Peneleh, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya masih cukup tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari perbedaan kadar zinc dan tingkat konsumsi sumber zinc pada balita status gizi (BB/U) kurang dan status gizi (BB/U) normal di wilayah kerja Puskesmas Peneleh, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat observasional dengan menggunakan teknik analisis komparasi. Menurut waktunya penelitian ini termasuk penelitian cross sectional. Besar sampel adalah 34 balita yang dipilih secara simple random sampling. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara secara langsung mengunakan kuesioner. Data sekunder diperoleh dari instansi terkait. Uji statistik yang digunakan adalah uji t-2 sampel bebas dan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan pada tingkat konsumsi energi dan lemak antara balita status gizi kurang dan status gizi normal, sedangkan ada perbedaan yang tidak bermakna pada tingkat konsumsi sumber zinc dan kadar zinc antara balita status gizi kurang dan balita status gizi normal. Upaya yang disarankan dalam penelitian ini adalah dengan meningkatkan tingkat konsumsi energi, lemak, protein, dan zinc pada balita serta meningkatkan pengetahuan ibu tentang gizi yang dibutuhkan balitanya, agar dapat mencapai pertumbuhan dan perkembangan balita secara optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 126/10 Fid p
Uncontrolled Keywords: FOOD CONSUMPTION AND GIZI
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
ANA FIDIANI, 100610099UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMerryana Adriani, Dr., S.KM, M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 10 Mar 2011 12:00
Last Modified: 02 Aug 2016 01:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21988
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item