HUBUNGAN PENERANGAN DENGAN KELUHAN KELELAHAN MATA DAN KECELAKAAN KERJA (Studi Pada Konveksi CV Tika Collection di Kecamatan Kedung Waru Kota Tulung Agung)

AYU KUSUMA WARDANI, 100610139 (2010) HUBUNGAN PENERANGAN DENGAN KELUHAN KELELAHAN MATA DAN KECELAKAAN KERJA (Studi Pada Konveksi CV Tika Collection di Kecamatan Kedung Waru Kota Tulung Agung). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-wardaniayu-13381-kkckkf-h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
6.pdf

Download (173kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tenaga kerja konveksi adalah tenaga kerja yang memiliki risiko untuk mengalami kelelahan mata. Penerangan yang buruk dapat menyebabkan kelelahan mata (astenopia) sehingga dapat meningkatkan kecelakaan kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari penerangan, keluhan kelelahan mata, dan kecelakaan kerja pada tenaga kerja konveksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah 54 tenaga kerja dan sampel penelitian adalah 33 tenaga kerja yang merupakan total populasi bersyarat pada tenaga kerja CV Tika Collection di Kecamatan Kedung Waru Kota Tulung Agung. Data diperoleh melalui wawancara, lembar observasi, dan pengukuran penerangan. Data yang telah diperoleh dianalisis secara deskriptif dalam bentuk tabel frekuensi dan tabulasi slang serta digunakan uji statistik koefisien kontingensi untuk menganalisis kuat hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pekerja sebagian besar berusia ≤ 40 tahun (78,8%) dan memiliki pekerjaan sebagai penjahit (42,4%). Sebagian besar tempat kerja memiliki penerangan yang tidak memenuhi syarat (87,9%). Sebagian besar tenaga kerja tidak mengalami keluhan kelelahan mata (69,7%) dan tidak mengalami kecelakaan kerja (84,8%). Terdapat hubungan yang kuat antara usia (r=0,53) dengan keluhan kelelahan mata serta antara kelelahan mata (r=0,54) dengan kecelakaan kerja. Dalam upaya peningkatan penerangan di tempat kerja, disarankan kepada pemilik konveksi CV Tika Collection untuk membersihkan lampu secara rutin, mengganti lampu yang mati, serta memilih cat dinding dan atap yang putih, bersih, dan tidak mengkilap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 129/10 War h
Uncontrolled Keywords: EYESTRAIN AND INDUSTRIAL ACCIDENTS
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
AYU KUSUMA WARDANI, 100610139UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndriati Paskarin, i,S.H, M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 10 Mar 2011 12:00
Last Modified: 02 Aug 2016 01:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21990
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item