ANALISIS KOMUNIKASI BERJENJANG PADA LIFE SKILL EDUCATION (LSE) MELALUI PENDEKATAN PEER EDUCATOR DALAM UPAYA PENCEGAHAN HIV DAN AIDS (Studi Kasus di MTsN Bandung Tulungagung)

IKA MUSTIKASARI, 100610167 (2010) ANALISIS KOMUNIKASI BERJENJANG PADA LIFE SKILL EDUCATION (LSE) MELALUI PENDEKATAN PEER EDUCATOR DALAM UPAYA PENCEGAHAN HIV DAN AIDS (Studi Kasus di MTsN Bandung Tulungagung). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-mustikasar-13384-kkckkf-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
9.pdf

Download (414kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah HIV dan AIDS adalah masalah kesehatan masyarakat yang memerlukan perhatian yang sangat serius. Ini dilihat dari jumlah kasus HIV dan AIDS yang dilaporkan setiap tahunnya meningkat secara signifikan. Tulungagung merupakan daerah tertinggi angka kasus HIV dan AIDS no 8 se Jawa Timur. Kejadian HIV positif di Tulungagung juga mengalami peningkatan tiap tahunnya. Untuk itu perlu upaya preventif dan promotif dalam menanggulangi masalah ini dan pendidikan merupakan upaya yang strategis dalam merubah perilaku. Salah satu MTsN di Tulungagung yaitu MTsN Bandung mendapat program peer educator dengan pendekatan LSE. Hal ini perlu adanya evaluasi lebih lanjut mengenai penyampaian informasi-informasi dalam komunikasi berjenjang dari guru kepada peer educator dan dilanjutkan kepada siswa bukan peer educator untuk mengevaluasi distorsi informasi yang disampaikan. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian analitik dan sedangkan berdasarkan waktunya, penelitian ini temasuk crossectional Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Bandung Tulungagung. Besar sampel adalah 87 siswa yang terdiri dari 17 peer educator dan 70 siswa bukan peer educator yang ditentukan dengan metode Simple Random Sampling. Program peer educator dengan pendekatan life skill education (LSE), masih relevan untuk dilanjutkan lagi karena tidak ada perbedaan pengetahuan, dan perbedaan yang tidak terlalu signifikan life skill education (LSE) dan life skill antara peer educator dengan siswa bukan peer educator, tetapi dengan metode yang lebih khusus dan kemampuan yang lebih spesifik dalam pemberian life skill education (LSE) seperti pemberian materi mengenai bagaimana meningkatkan percaya diri pada siswa dan materi-materi dalam bentuk outbond bebas di alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 127/10 Mus a
Uncontrolled Keywords: HIV (VIRUSES) AND PEER COUNSELING OF STUDENTS
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3740-3762 Education
Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
IKA MUSTIKASARI, 100610167UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachmat Hargono, Dr., dr., MS, MPHUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 10 Mar 2011 12:00
Last Modified: 02 Aug 2016 01:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21993
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item