HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DAN POLA KONSUMSI MAKANAN JAJANAN DENGAN STATUS GIZI ANAK SEKOLAH DASAR (Studi Penelitian di SDN Keputran I dan III Kecamatan Tegalsari Surabaya)

TOWI KUSMANDAYU, 100610073 (2010) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DAN POLA KONSUMSI MAKANAN JAJANAN DENGAN STATUS GIZI ANAK SEKOLAH DASAR (Studi Penelitian di SDN Keputran I dan III Kecamatan Tegalsari Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-kusmandayu-13386-kkckkf-h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1.pdf

Download (418kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Makanan jajanan merupakan salah satu potensial pangan dalam menyumbang asupan zat gizi bagi anak usia sekolah, dalam pemilihan konsumsi makanan jajanan dibutuhkan pengetahuan tentang makanan jajanan sehat yang pada akhirnya akan mempengaruhi status gizi anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan tingkat pengetahuan dan pola konsumsi makanan jajanan dengan status gizi anak sekolah dasar. Penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional yang dilakukan di SDN Keputran I dan III Surabaya. Variabel yang diteliti adalah umur, jenis kelamin, tingkat pengetahuan tentang makanan jajanan, jumlah uang saku, kebiasaan sarapan pagi, kebiasaan membawa bekal ke sekolah, pola konsumsi makan yang meliputi makanan total dan makanan jajanan, tingkat konsumsi energi dan protein dari makanan total dan makanan jajanan, sumbangan energi dan protein dari makanan jajanan dan status gizi anak sekolah dasar. Data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara tingkat pengetahuan tentang makanan jajanan dengan status gizi (p>0,05), ada hubungan antara tingkat konsumsi energi dan protein dari makanan total dengan status gizi (p<0,01), tidak ada hubungan antara tingkat konsumsi energi dan protein dari makanan jajanan dengan status gizi (p>0,05), dan ada hubungan antara sumbangan energi dan protein dari makanan jajanan dengan status gizi (p<0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah makanan jajanan memberikan sumbangan terhadap tingkat kecukupan energi dan protein. Pengetahuan anak tentang makanan jajanan tidak mempengaruhi status gizinya, status gizi anak tidak hanya dipengaruhi oleh konsumsi makanan jajanan saja tetapi dipengaruhi oleh tingkat konsumsi dari makanan total yang dikonsumsi sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 122/10 Kus h
Uncontrolled Keywords: FOOD CONSUMPTION, HYGIENE AND SCHOOL CHILDREN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB3401-3495 School hygiene. School health services
Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT174-176 Articles for children
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
TOWI KUSMANDAYU, 100610073UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLailatul Muniroh, , S.KM, M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 10 Mar 2011 12:00
Last Modified: 02 Aug 2016 01:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21995
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item