ANALISIS MANAJEMEN LOGISTIK OBAT DALAM PERENCANAAN, PENGENDALIAN PERSEDIAAN, SAFETY STOCK, DAN REORDER POINT (Studi di Rumah Sakit Muhammadiyah Surabaya)

USWATUN KHASANAH, 100610028 (2010) ANALISIS MANAJEMEN LOGISTIK OBAT DALAM PERENCANAAN, PENGENDALIAN PERSEDIAAN, SAFETY STOCK, DAN REORDER POINT (Studi di Rumah Sakit Muhammadiyah Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-khasanahus-13387-kkckkf-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1.pdf

Download (142kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Logistik obat merupakan salah satu aspek penting dari bidang kesehatan. Hal ini penting karena logistik obat menyerap sekitar 60-70% dari alokasi dana untuk rumah sakit, sehingga diperlukan perlakuan khusus untuk menekan pengeluaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk merekomendasikan metode manajemen logistik obat yang sesuai untuk diterapkan di Rumah sakit Muhammadiyah Surabaya. Penelitian dilakukan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Muhammadiyah Surabaya dengan rancangan cross sectional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data sekunder penerimaan dan pengeluaran obat dari gudang logistik, data riil pemakaian berdasarkan resep yang masuk selama bulan April 2010. Variabel terikat adalah data pemakaian riil obat. Variabel bebas adalah laporan penerimaan dan pengeluaran obat di gudang logistik, metode perencanaan dan pengendalian yang digunakan, metode perencanaan dan pengendalian yang sesuai, metode penentuan safety stock, dan metode penentuan reorder point. Hasil penelitian diperoleh bahwa di Rumah sakit Muhammadiyah Surabaya belum ada metode perencanaan dan pengendalian persediaan tertentu yang digunakan. Rekomendasi yang dapat disimpulkan adalah metode perencanaan yang sesuai yang terbanyak dari 26 jenis obat kelompok A adalah metode moving average total. Metode pengendalian persediaan yang sesuai adalah sistem persediaan Just in Time. Metode penentuan safety stock yang sesuai adalah persentase lead time permintaan. Metode penentuan reoder point yang sesuai adalah order point dengan safety stock untuk obat live saving dan order point tanpa safety stock untuk obat non live saving.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 130/10 Kha a
Uncontrolled Keywords: HOSPITAL �DRUG DISTRI BUTION SYSTEMS DRUGS
Subjects: R Medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC554-569.5 Personality disorders. Behavior problems Including sexual problems, drug abuse,suicide, child abuse
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
USWATUN KHASANAH, 100610028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWidodo J. Pudjirahardjo, , dr., M.S., M.PH, Dr.PHUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 10 Mar 2011 12:00
Last Modified: 02 Aug 2016 01:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21996
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item