FAKTOR TERJADINYA DERMATOSIS PADA TENAGA KERJA INDUSTRI SARUNG TENUN IKAT BAGIAN PEWARNAAN DI DESA PARENGAN, KECAMATAN MADURAN, KABUPATEN LAMONGAN.

ISFAIDAH, 100830216 (2010) FAKTOR TERJADINYA DERMATOSIS PADA TENAGA KERJA INDUSTRI SARUNG TENUN IKAT BAGIAN PEWARNAAN DI DESA PARENGAN, KECAMATAN MADURAN, KABUPATEN LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-isfaidah-13657-kkckkf-f.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dermatosis akibat kerja adalah suatu kelainan kulit yang di sebabkan oleh bahan-bahan yang berada dilingkungan kerja. Dermatosis akibat kerja merupakan tiga besar penyakit akibat kerja yang sering dilaporkan. Penyebab paling banyak terjadinya dermatosis adalah bahan kimia. Dermatosis akibat kerja akan menyebabkan gangguan kenyamanan dan penurunan produktifitas kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan terjadinya dermatosis pada tenaga kerja Industri Sarung Tenun Ikat bagian pewarnaan di Desa Parengan, Kecamatan Maduran, Kabupaten Lamongan . Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan cross sectional. Wawancara dan kuisioner dilakukan pada 35 responden yang diambil secara non random sampling dengan tehnik purposive sampling. Hubungan antar variable diuji dengan menggunakan “chi- square test” dengan α = 0,05. Dari 35 responden diketahui sebanyak 21 responden (60%) mengalami dermatosis dan 14 responden (40%) tidak mengalami dermatosis. Berdasarka uji Chi-Square dan fisher’s Exact Test didapatkan ada 4 faktor yang berhubungan dengan terjadinya dermatosis pada tenaga kerja Industri Sarung Tenun Ikat bagian pewarnaan di Desa Parengan, Kecamatan Maduran, Kabupaten Lamongan yaitu masa kerja, kebiasaan cuci tangan setelah kerja, kebiasaan mandi setelah kerja dan frekuensi penggunaan alat pelindung diri. Untuk meminimalisasi terjadinya dermatosis dengan meningkatkan personal hygiene dan meningkatkan kesadaran pekerja dengan selalu menggunakan alat pelindung diri saat bekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 95/10 Isf f
Uncontrolled Keywords: SKIN , DISEASES AND SAMITATION WORKERS
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6350-6940.7 Trade unions. Labor unions. Workers' associations
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD8039 By industry or trade
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
ISFAIDAH, 100830216UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMeirina Ernawati, , drh., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 15 Mar 2011 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 12:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22002
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item