STUDY HIGIENE DAN SANITASI SUSU SAPI SEGAR SERTA KUALITAS BAKTERIOLOGIS YANG MEMPENGARUHINYA

BUDIONO SANTOSO (2010) STUDY HIGIENE DAN SANITASI SUSU SAPI SEGAR SERTA KUALITAS BAKTERIOLOGIS YANG MEMPENGARUHINYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-santosobud-16386-kkckkf-k.pdf

Download (308kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Susu mengandung berbagai zat gizi; mulai protein, lemak, karbohidrat, mineral ataupun vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, namun susu juga merupakan bahan makanan atau media yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri. Oleh karena itu faktor higiene dan sanitasi dalam proses pengolahan susu bertujuan untuk memperoleh kualitas susu yang baik. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji higiene, sanitasi dan kualitas bakteriologis air susu sapi segar yang ada di Koperasi Usaha Tani Ternak (KUTT) Suka Makmur khususnya yang berasal dari Desa Balong Anyar, Kelurahan Lekok, Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini bersifat deskriptif, Populasi dari penelitian ini adalah peternak yang ada di Desa Balong Anyar Kecamatan Lekok yang mengirimkan susunya ke KUTT Suka Makmur. Teknik sampling yang dipakai total sampling dengan besar sampel adalah 4 peternak, 10 sapi, 10 pemerah, 3 penjamah, 10 sampel air susu segar, variabel bebas dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif sedangkan variabel terikatnya dianalisis membandingkan dengan syarat yang terdapat dalam SNI 01-3141-1998. Dari hasil penelitian didapatkan, 1 sapi yang sehat, tidak ada pemerah dalam kategori baik, penjamah 1 dalam kategori baik, dan kualitas air susu segar yang dihasilkan oleh KUTT Suka Makmur secara fisika-kimia sudah memenuhi syarat SNI 01-3141-1998. Akan tetapi syarat mikrobiologi belum memenuhi SNI 013141-1998. Kesimpulan yang dapat ditarik bahwa kualitas susu yang buruk dapat mengakibatkan kerugian bagi konsumen dan peternak, oleh sebab itu diperlukan perhatian khusus terhadap berbagai faktor seperti kebersihan dan kesehatan sapi, higiene penjamah /petugas ditempat peternakan dan di penampungan sementara, sanitasi tempat/kandang dan peralatan yang digunakan di peternakan dan penampungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 108/10 San s
Uncontrolled Keywords: HYGIENE AND SANITATION
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD895-899 Industrial and factory sanitation
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
BUDIONO SANTOSOUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRirih Yudhastuti, Dr., drh., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 16 Mar 2011 12:00
Last Modified: 25 Jun 2019 00:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22011
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item