ANALISIS KELANGSUNGAN HIDUP PENDERITA KANKER PAYUDARA DENGAN MENGGUNAKAN PRODUCT LIMIT KAPLAN MEIER (Studi Kasus di Rumah Sakit Onkologi Surabaya)

PANGESTU ASTRININGTIAS, 100610181 (2010) ANALISIS KELANGSUNGAN HIDUP PENDERITA KANKER PAYUDARA DENGAN MENGGUNAKAN PRODUCT LIMIT KAPLAN MEIER (Studi Kasus di Rumah Sakit Onkologi Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-astriningt-16431-kkckkf-k.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-astriningt-13815-kkckkf-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Analisis survival adalah suatu metode yang digunakan untuk memperkirakan probabilitas kelangsungan peristiwa sampai periode waktu tertentu. Salah satu metode analisis survival adalah product limit Kaplan Meier, yang dalam penelitian ini akan diterapkan pada penderita kanker payudara. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik penderita dan mengidentifikasi kelangsungan hidup penderita. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penderita kanker payudara yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Onkologi Surabaya pada bulan Januari sampai Desember tahun 2008. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik systematic random sampling. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan product limit Kaplan Meier. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yang jika dilihat dari waktunya termasuk penelitian cross sectional, dan berdasarkan tujuannya merupakan penelitian terapan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dari pengamatan terhadap 100 penderita, terdapat 94 pengamatan yang disensor dan 6 pengamatan yang tidak disensor. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum penderita kanker payudara yang berumur ≥40 tahun, telah menikah, berada pada stadium dini, dan memiliki riwayat keluarga menderita kanker payudara memiliki kelangsungan hidup yang lebih baik dibandingkan dengan penderita yang berumur <40 tahun, tidak menikah, berada pada stadium lanjut, dan tidak memiliki riwayat keluarga menderita kanker payudara. Saran dalam penelitian ini adalah harus diperhatikan adanya data yang disensor pada penelitian serupa karena hal ini berpengaruh terhadap kesimpulan yang diambil, serta perlu adanya penelitian lanjutan dengan melakukan analisis survival secara analitik untuk mengetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap tingkat ketahanan hidup penderita kanker payudara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 101-10 Ast a
Uncontrolled Keywords: BREAST CANCER
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
PANGESTU ASTRININGTIAS, 100610181UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKuntoro, Prof. Dr., dr.,M.PHUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 16 Mar 2011 12:00
Last Modified: 02 Aug 2016 01:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22017
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item