PERENCANAAN PEMASARAN ALAT REHABILITASI GIGI DI LABORATORIUM GIGI PELAYANAN FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS AIRLANGGA

CHAIRUL HANDONO, 100830275 (2010) PERENCANAAN PEMASARAN ALAT REHABILITASI GIGI DI LABORATORIUM GIGI PELAYANAN FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-handonocha-16688-kkckkf-k.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-handonocha-14026-kkckkf-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jumlah pencapaian pemesanan alat rehabilitasi gigi di Laboratorium Gigi Pelayanan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga pada tahun 2008 menunjukkan penurunan dibandingan dengan jumlah target yang ditentukan dari beberapa tahun sebelumnya yaitu tahun 2006 dan 2007. Penurunan jumlah pencapaian pemesanan di Laboratorium Gigi Pelayanan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga sebesar 20 % sejak tahun 2006-2008. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun upaya pemasaran untuk meningkatkan jumlah pencapaian pemesanan alat rehabilitasi gigi di Laboratorium Gigi Pelayanan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dan menurut waktu penelitian ini merupakan penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini adalah semua customer Laboratorium Gigi Pelayanan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga. Besar sampel adalah 58 orang yang ditentukan dengan metode Multistage Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik individu customer sebagian besar perempuan, karakteristik sosial sebagian besar sebagai mahasiswa serta berpendapatan berkisar lebih dari Rp. 3.200.000,00 dan karakteristik psikologis sebagian besar motivasi customer yang order karena anjuran dosen dan perawat gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga serta lokasi yang dekat dengan tempat kerja dan klinik serta memiliki persepsi kelengkapan alat yang digunakan lengkap, sikap petugas yang ramah dan ketrampilan dalam mengerjakan order. a. Banyak customer tidak mengenal dan membutuhkan informasi tentang jenis pelayanan yang disediakan. b. Proses evaluasi alternatif yang dilakukan customer sebagian besar mempertimbangkan tarif. c. Upaya bauran pemasaran yang dilakukan Laboratorium Gigi Pelayanan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga tentang proses pelayanan yang dilakukan teknisi, ketepatan waktu penyelesaian yang dijanjikan, tarif yang ditentukan sesuai dengan pelayanan yang diberikan relatif murah, media promosi masih getok tular dari mulut ke mulut yaitu dari teman. Upaya yang dilakukan Laboratorium Gigi Pelayanan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga menjalin kerjasama dengan klinik kampus yang ada di daerah sekitar Laboratorium Gigi Pelayanan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga dan memberikan reward kepada para dosen dan perawat gigi klinik kampus yang memberikan rujukan terbanyak di Laboratorium Gigi Pelayanan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga. Laboratorium Gigi Pelayanan FKG UNAIR perlu untuk melakukan pengenalan dan pendekatan kepada customer terutama mahasiswa FKG UNAIR yaitu melalui media promosi, dengan turut serta dalam seminar atau acara kegiatan yang menghadirkan mahasiswa FKG UNAIR.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 159/10 Han p
Uncontrolled Keywords: MARKETING AND DENTAL LABORATORY
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
R Medicine > RB Pathology > RB37-56.5 Clinical pathology. Laboratory technique
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
CHAIRUL HANDONO, 100830275UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorStefanus Supriyanto, Prof. Dr., dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 21 Mar 2011 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 13:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22030
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item