ANALISIS FAKTOR BRAINWARE, APLIKASI SOFTWARE, DAN PROSES PENGOLAHAN DATA SEBAGAI SALAH SATU PENYEBAB KETERLAMBATAN LAPORAN INTERNAL Studi di Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya

NADYA KHOIRINA, 100610209 (2010) ANALISIS FAKTOR BRAINWARE, APLIKASI SOFTWARE, DAN PROSES PENGOLAHAN DATA SEBAGAI SALAH SATU PENYEBAB KETERLAMBATAN LAPORAN INTERNAL Studi di Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-khoirinana-14034-kkckkf-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-khoirinana-16701-kkckkf-k.pdf

Download (309kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Laporan internal rumah sakit merupakan informasi yang digunakan untuk pengambilan keputusan dan pelaksanaan fungsi-fungsi operasional rumah sakit, sehingga diperlukan aplikasi software khusus untuk proses penyusunan laporan dan faktor brainware untuk mengoperasikan aplikasi software. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor brainware, proses pengolahan data, dan aplikasi software sebagai salah satu penyebab keterlambatan laporan internal. Penelitian ini dilakukan di 14 unit kerja yang menyerahkan laporan bulanan secara rutin ke Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan RSJ Menur Surabaya. Penelitian ini menggunakan rancang bangun cross sectional dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder, kuesioner, dan observasi. Variabel terikat penelitian adalah laporan internal. Variabel bebas penelitian adalah faktor brainware (yang meliputi tingkat pengetahuan, tingkat keterampilan, tingkat motivasi, tingkat pengalaman dan tingkat beban kerja), aplikasi software, dan proses pengolahan data. Hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat pengetahuan, tingkat keterampilan, tingkat pengalaman petugas penyusun laporan tinggi, sedangkan tingkat motivasi dan beban kerja rendah. Masih adanya ketidaksesuaian, ketidaktersediaan, dan ketidaklengkapan aplikasi software untuk memasukkan data, proses pengolahan data, dan mencetak laporan. Tingkat motivasi yang rendah serta ketidaktersediaan, dan ketidaklengkapan aplikasi software dapat menyebabkan keterlambatan laporan internal. Saran yang dapat diberikan adalah meningkatkan motivasi petugas penyusun laporan. Menyediakan aplikasi software yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan petugas peyusun laporan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 152/10 Kho a
Uncontrolled Keywords: ELECTRONIC DATA PROCESSING AND FINANCIAL
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
NADYA KHOIRINA, 100610209UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRatna Dwi Wulandari, , S.KM, M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 21 Mar 2011 12:00
Last Modified: 02 Aug 2016 02:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22035
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item