RANCANGAN HAZARD ANALYSIS CRITICAL CONTROL POINT PENGELOLAAN MAKANAN PASIEN RAWAT INAP STUDI DI INSTALASI GIZI RUMAH SAKIT UMUM HAJI SURABAYA

FARHANI PUTRI MUNGGARANI, 100610138 (2010) RANCANGAN HAZARD ANALYSIS CRITICAL CONTROL POINT PENGELOLAAN MAKANAN PASIEN RAWAT INAP STUDI DI INSTALASI GIZI RUMAH SAKIT UMUM HAJI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-munggarani-17315-kkckkf-k.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-munggarani-14463-kkckkf-r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hazard Analysis Critical Control Point merupakan suatu pendekatan sistematik untuk menjamin mutu dan keamanan pangan. Sistem ini perlu diterapkan dalam katering rumah sakit yang notabene konsumennya adalah pasien yang membutuhkan makanan aman untuk masa penyembuhannya. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat rancangan sistem HACCP untuk dipergunakan pada pengelolaan makanan pasien rawat inap di instalasi gizi Rumah Sakit Umum Haji Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional. Penelitian ini dilakukan dengan mengobservasi pengelolaan makanan di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya. Berdasarkan waktunya, penelitian dilakukan dengan rancangan cross sectional. Sedangkan berdasarkan analisis datanya, penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Yang termasuk variabel independennya adalah suhu, waktu serta faktor GMP dan SSOP. Faktor GMP dan SSOP ini meliputi manajemen, bangunan tempat pengolahan, kelengkapan sarana pengolahan, suplai air, gudang bahan makanan, peralatan memasak, cara pengolahan makanan, cara menyimpan bahan makanan dan makanan jadi, penjamah makanan, penyajian makanan dan distribusi makanan. Sedangkan variabel dependennya meliputi kualitas makanan, prinsip HACCP dan rancangan HACCP. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan HACCP untuk pengelolaan makanan pasien rawat inap di instalasi gizi Rumah Sakit Umum Haji Surabaya yang termasuk di dalamnya identifikasi tiga bahaya yakni bahaya biologi, fisika dan kimia. Ditemukan 8 CCP pada pengolahan makanan yang batas kritisnya meliputi parameter suhu, waktu dan organoleptik. Tindakan koreksi yang perlu dilakukan adalah penambahan waktu pemanasan dan pemanasan kembali. Prosedur verifikasi dilakukan setiap enam bulan sekali dengan cara pengambilan sampel untuk uji mikrobiologi, uji fisik dan organoleptik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 190/10 Mun r
Uncontrolled Keywords: HAZARD ANALYSIS AND CRITICAL CONTROL POINT (FOOD)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
T Technology > T Technology (General) > T58.4 Managerial control systems
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
FARHANI PUTRI MUNGGARANI, 100610138UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSUDARMAJI, , S. KM., M. Kes Editor:UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 29 Mar 2011 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 04:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22036
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item