PENGEMBANGAN KEMITRAAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KINERJA PELAKSANA PROGRAM IMUNISASI DALAM PENCAPAIAN KELURAHAN UCI (UNIVERSAL CHILD IMMUNIZATION) (Studi di Puskesmas Bugulkidul dan Puskesmas Kandangsapi Kecamatan Bugulkidul Kota Pasuruan)

IKE NANCY YULIANA DEWI, 100830246 (2010) PENGEMBANGAN KEMITRAAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KINERJA PELAKSANA PROGRAM IMUNISASI DALAM PENCAPAIAN KELURAHAN UCI (UNIVERSAL CHILD IMMUNIZATION) (Studi di Puskesmas Bugulkidul dan Puskesmas Kandangsapi Kecamatan Bugulkidul Kota Pasuruan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-dewiikenan-17439-kkckkf-k.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-dewiikenan-14618-kkckkf-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Program imunisasi adalah salah satu program yang harus dilaksanakan oleh Puskesmas. Target dari program imunisasi ini adalah tercapainya kelurahan UCI (Universal Child Immunization) 100%. Dalam menjalankan program imunisasi Puskesmas Bugulkidul dan Puskesmas Kandangsapi sudah melakukan kemitraan (Partnership) dengan pihak – pihak terkait seperti lintas sektor maupun masyarakat dalam hal ini PKK, kader, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Kemitraan ini dilaksanakan agar dapat meningkatkan kinerja pelaksana program imunisasi dalam pencapaian kelurahan UCI (universal Child Immunization). Puskesmas Bugulkidul dan Puskesmas Kandangsapi adalah dua dari enam puskesmas yang tidak memenuhi target kelurahan UCI, yaitu di Puskesmas Bugulkidul pada tahun 2009 mengalami penurunan kelurahan UCI sebesar 14,29% dari tahun sebelumnya dan pencapaiannya sebesar 85,71%. Sedangkan di Puskesmas Kandangsapi mengalami penurunan sebesar 33,3% dari tahun sebelumnya dan selama dua tahun berturut – turut pencapaian kelurahan UCI hanya sebesar 66,7%. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif. Pengambilan data dilakukan pada bulan juli 2010. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Kuesioner ditujukan untuk kepala puskesmas, koordinator program dan petugas imunisasi, lintas sektoral dan masyarakat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melaksanakan program imunisasi Puskesmas Bugulkidul dan Puskesmas Kandangsapi sudah melaksanakan kemitraan yang bentuk kemitraannya adalah formal berkesinambungan.. Pengembangan kemitraan dalam bentuk perluasan jangkauan kemitraan dengan sektor lain yang terkait dengan pelaksanaan program imunisasi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan program imunisasi Puskesmas Bugulkidul dan Puskesmas Kandangsapi sudah melaksanakan kemitraan meskipun belum maksimal.. Rekomendasi pengembangan kemitraannya adalah lebih memperkuat jalinan kemitraan yang sekarang ini sudah dilakukan serta memperluas lagi jaringan kemitraan dengan sektor lain misalnya dengan PKK, LSM, BAPPEMMAS, Polsek, Koramil, pihak swasta dan RSUD, dalam pelaksanaan program imunisasi. Rekomendasi ini dibuat sebagai pengembangan kemitraan untuk meningkatkan kelurahan UCI (Universal Child immunization di Puskesmas Bugulkidul dan Puskesmas Kandangsapi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 150-10 Dew p
Uncontrolled Keywords: IMMUNIZATION
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA638 Immunity and immunization in relation to public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
IKE NANCY YULIANA DEWI, 100830246UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNyoman Anita Damayanti, Dr., drg., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 30 Mar 2011 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 13:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22051
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item