ANALISIS TIPE BUDAYA ORGANISASI DAN KINERJA DI PUSKESMAS NON PERAWATAN KOTA SURABAYA(Studi Kasus Di Puskesmas Sawahan, Puskesmas Mojo,Dan Puskesmas Wiyung)

LAILY NUR FADILAH, 10010117 (2010) ANALISIS TIPE BUDAYA ORGANISASI DAN KINERJA DI PUSKESMAS NON PERAWATAN KOTA SURABAYA(Studi Kasus Di Puskesmas Sawahan, Puskesmas Mojo,Dan Puskesmas Wiyung). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-fadilahlai-17503-kkckkf-k.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-fadilahlai-14692-kkckkf-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Puskesmas perawatan dan non perawatan memiliki perbedaan nilai kinerja. Budaya organisasi dianggap mempengaruhinya. Oleh sebab itu, penelitian ini ditujukan untuk menganalisis tipologi budaya organisasi dan kinerja Puskesmas non perawatan di Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancang bangun cross sectional study dengan pendekatan survei. Unit analisis dalam penelitian ini adalah Puskesmas Sawahan, Puskesmas Mojo, dan Puskesmas Wiyung. Sumber informasi adalah seluruh pegawai di tiap Puskesmas tersebut yang telah bekerja lebih dari atau sama dengan satu tahun. Instrumen yang dipakai adalah OCAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe budaya organisasi Puskesmas Sawahan, Puskesmas Mojo, dan Puskesmas Wiyung adalah tipe budaya organisasi clan. Kinerja dari tiap Puskesmas tersebut masuk dalam kategori berhasil atau memuaskan. Hal ini mungkin terjadi karena sifat kepemimpinan yang sesuai dengan tipe budaya organisasi yang dijalankan oleh tiap Puskesmas tersebut. Yaitu sifat kepemimpinan seperti orang tua, fasilitator, dan mentor yang sesuai untuk tipe budaya organisasi clan. Puskesmas non perawatan dengan tipologi budaya organsiasi clan sebaiknya melakukan usaha pendekatan lebih kepada pegawai dengan acara non formal. Pendekatan ini dilakukan untuk dapat mengeratkan anggota dan meminta pendapat pegawai secara terbuka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 197/10 Fad a
Uncontrolled Keywords: EMPLOYEE PERFORMANCE
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
LAILY NUR FADILAH, 10010117UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorThinni Nurul R, Dr.., Dra.Ec, M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 31 Mar 2011 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 13:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22062
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item