PENERAPAN RINGKAS, RAPI, RESIK, RAWAT, RAJIN (5R) DI BAGIAN PRODUKSI DAN DI BAGIAN ADMINISTRASI PT. SEMEN GRESIK (PERSERO) Tbk. PABRIK TUBAN

RISKY ANGESTIAJI, 100610010 (2010) PENERAPAN RINGKAS, RAPI, RESIK, RAWAT, RAJIN (5R) DI BAGIAN PRODUKSI DAN DI BAGIAN ADMINISTRASI PT. SEMEN GRESIK (PERSERO) Tbk. PABRIK TUBAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-pangestiaj-17506-kkckkf-k.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-pangestiaj-14752-kkckkf-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu konsep dalam budaya industri adalah 5R, konsep ini sederhana dan mudah dipahami serta merupakan langkah awal penyebarluasan budaya industri. Kegiatan 5R dapat dilihat sebagai kegiatan pertama untuk membiasakan diri bekerja dengan standart. Dengan menerapkan prinsip ” A Place For Everything In This Place”. Maka setiap anggota organisasi dibiarkan bekerja dalam lingkungan kerja dengan standart tempat yang jelas (Setiawan, 1995). Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari kebijakan pimpinan dalam penerapan program 5R, mempelajari partisipasi tenaga kerja terhadap pelaksanaan program penerapan 5R, dan menilai program 5R di bagian produksi Raw Mill 3 dan di bagian administrasi Seksi Penyerahan PT. SEMEN GRESIK (PERSERO) Tbk. PABRIK TUBAN. Penelitian ini bersifat deskriptif dan ditinjau dari waktu pelaksanaanya merupakan penelitian Cross Sectional. Obyek yang diteliti adalah kebijakan perusahaan tentang program penerapan 5R, tingkat partisipasi tenaga kerja terhadap penerapan 5R, dan penilaian program 5R. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2010 dengan metode wawancara, kuesioner, dan check list dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa sudah terdapat kebijakan tentang penerapan 5R yang diatur dalam SK. DIR No.40. Partisipasi tenaga kerja terhadap penerapan 5R di bagian produksi Raw Mill 3 tergolong baik yaitu dengan nilai sebesar 93,3% dan sebesar 84% untuk di bagian administrasi Seksi Penyerahan, Program 5R di bagian produksi Raw Mill 3 didapati hasil baik dengan nilai 71, berdasarkan hasil penilaian 5R di bagian administrasi seksi Penyerahan, nilai untuk penerapan 5R dibagian administrasi seksi penyerahan adalah 90, yang berarti baik. Nilai ini membuktikan bahwa dibagian produksi Raw Mill 3 dan di bagian administrasi seksi Penyerahan sudah terlaksana dengan baik. Dari hasil diatas dapat disarankan hendaknya pada barang yang tidak diperlukan disimpan pada tepat penyimpanan barang, hendaknya dilakukan pembersihan pada ventilasi agar tidak ada debu, bersih dan tidak berbau, mematuhi peraturan tentang merokok di area produksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 193-10 Pan e
Uncontrolled Keywords: EMPLOYEE MOTIVATION
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
RISKY ANGESTIAJI, 100610010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTjipto Suwandi, Prof.Dr., dr., M.OH, SpOkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 01 Apr 2011 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 13:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22064
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item