ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA JUMLAH KUNJUNGAN IBU HAMIL KE POLI GIGI DI PUSKESMAS DUKUN GRESIK

AMINATUZ ZUHRIA, 100311108 (2010) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA JUMLAH KUNJUNGAN IBU HAMIL KE POLI GIGI DI PUSKESMAS DUKUN GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-zuhriaamin-17512-kkckkf-k.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-zuhriaamin-14762-kkckkf-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemanfaatan pelayanan kesehatan bagi ibu hamil tidak hanya pada pemeriksaan kandungan saja, tapi juga pada pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut. Saat kehamilan, kondisi gigi dan gusi akan lebih sensitive dan mudah berdarah. Di Puskesmas Dukun Gresik, rujukan bagi ibu hamil di kunjungan pertama ke poli gigi sudah berjalan selama beberapa tahun. Tapi pada tiga tahun belakangan ini sejak tahun 2007 – 2009, jumlah kunjungan ibu hamil ke poli gigi mengalami penurunan sebesar 54,8%. Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis faktor penyebab turunnya jumlah kunjungan ibu hamil ke poli gigi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dilakukan pada bulan Mei – Juni 2010. Penelitian ini bersifat cross sectional, dengan 2 macam sampel yaitu responden pada petugas puskesmas dan pasien yang telah memanfaatkan pelayanan di wilayah Puskesmas Dukun Gresik pada tahun 2009. Metode sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan faktor penyebab pada petugas adalah kurangnya pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut ibu hamil, tindakan yang kurang baik dalam upaya peningkatan jumlah kunjungan ibu hamil ke poli gigi, dan koordinasi antar petugas yang berjalan kurang baik, serta proses pengawasan dan evaluasi di Puskesmas Dukun Gresik yang masih belum berjalan dengan baik. Adapun faktor penyebab terjadinya penurunan jumlah kunjungan ibu hamil ke poli gigi pada pasien adalah rendahnya tingkat pengetahuan dan persepsi bahwa pemeriksaan gigi dan mulut pada ibu hamil itu kurang penting. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah pengetahuan petugas merupakan faktor utama penyebab turunnya jumlah kunjungan ibu hamil ke poli gigi, sehingga mempengaruhi tindakan dan koordiansi yang kurang baik. Kesimpulan untuk penyebab turunnya jumlah kunjungan ibu hamil ke poli gigi adalah pengetahuan pasien yang kurang baik tentang kesehatan gigi dan mulut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 171/10 Zuh a
Uncontrolled Keywords: PREGNANCY AND DENTAL CARE
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG551-591 Pregnancy
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
AMINATUZ ZUHRIA, 100311108UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRatna Dwi Wulandari, , S.KM, M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 01 Apr 2011 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 13:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22067
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item