ANALISIS PERBEDAAN SIKAP KONSUMEN ATAS MEREK PIONIR DAN MEREK PENGIKUT PADA PRODUK TEH BOTOL DI SURABAYA

GUNTUR ALI MUKTI, 040117116 (2009) ANALISIS PERBEDAAN SIKAP KONSUMEN ATAS MEREK PIONIR DAN MEREK PENGIKUT PADA PRODUK TEH BOTOL DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. halaman judul - gdlhub-gdl-s1-2009-muktiguntu-10221-b4109.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-muktiguntu-10221-b4109.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Status merek pionir (pioneer-brand status) merupakan salah satu keunggulan yang jika diolah dengan baik bisa menjadi senjata pemasaran yang ampuh untuk memenangkan persaingan. Merek pionir memiliki keunggulan-keunggulan dalam berbagai hal. Keunggulan-keunggulan ini mampu membuat merek pionir bertahan dari serangan para pesaing, hadirnya merek baru, inovasi produk pesaing, kompetisi harga, dan perubahan selera konsumen. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui apakah sikap konsumen atas Sosro sebagai merek pionir lebih baik secara signifikan daripada Tekita sebagai merek pengikutnya pada produk Teh Botol di Surabaya. Dalam penelitian ini digunakan 14 indikator untuk menilai sikap yaitu : kualitas atau mutu, keunikan, manfaat, dapat diandalkan, keamanan atau resiko, harga, terkenal, sebagai simbol status, berteknologi tinggi, sederhana, menarik, berpengalaman, inovasi, dan superioritas. Analisis yang dilakukan adalah teknik analisis Pairs-Samples t-Test dengan membandingkan sikap konsumen pada teh botol merek Sosro sebagai merek pionir dengan sikap konsumen pada teh botol merek Tekita sebagai merek pengikut. Populasi sasaran yang diteliti dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang yang pernah mengkonsumsi teh botol bermerek Sosro dan Tekita serta bertempat tinggal di Surabaya. Dari populasi tersebut ditarik sejumlah sampel dengan menggunakan metode Non Random Sampling yang merupakan gabungan antara Purposive Sampling dan Accidental Sampling. Usia sampel yang dipilih adalah minimal berusia 15 tahun ke atas.Sedangkan jumlah sampel yang akan diambil dalam penelitian ini adalah 200 responden yang berasal dari target populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap pada merek pionir yaitu Sosro lebih baik secara signifikan dibandingkan merek pengikut yaitu Tekita dengan rata -rata sikap responden pada teh botol merek Sosro adalah 12,8657 sedangkan rata sikap responden pada teh botol merek Tekita adalah 12,4600. Hal ini dipastikan dari hasil uji t yang diperoleh nilai 5,578 dengan tingkat signifikansi 0,000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 41 / 09 Muk a
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR TRADEMARKS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF1-6182 Commerce
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
GUNTUR ALI MUKTI, 040117116UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorINDRIANAWATI USMAN, Dr. Hj., MSc.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 24 Sep 2009 12:00
Last Modified: 20 Sep 2016 03:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2208
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item