BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KELUHAN NYERI OTOT (Studi Kasus Pada Pekerja Bagian Crosscut PT. Inti Prospek Sentosa Gresik)

DEBBY KURNIAWAN, 100610040 (2010) BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KELUHAN NYERI OTOT (Studi Kasus Pada Pekerja Bagian Crosscut PT. Inti Prospek Sentosa Gresik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-kurniawand-14777-kkckkf-b.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1.pdf

Download (140kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ergonomi mempunyai peran penting dalam pencapaian keselamatan dan kesehatan kerja, karena ergonomi berkaitan erat dengan efektifitas dan efisiensi kerja. Salah satu masalah ergonomi yang terjadi adalah keluhan musculoskeletal pada pekerja bidang angkat-angkut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan timbulnya keluhan nyeri otot pada pekerja bagian crosscut di PT. Intiprospek Sentosa Gresik. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan cross sectional dan desain penelitian analitik. Responden diambil dari populasi dengan metode simple random sampling. Data diperoleh dengan cara mencatat hasil pengukuran berat badan, tinggi badan dan pengisian kuesioner serta pencatatan lembar observasi dan wawancara. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah karakteristik responden (umur, masa kerja, status gizi, kebiasaan merokok dan kebiasaan olahraga) sebagai variabel bebas dan variabel tingkat keluhan nyeri otot sebagai variabel tergantung. Analisis beberapa faktor yang berhubungan dengan keluhan nyeri otot digunakan uji statistik chi-square untuk melihat hubungan antar variabel. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa faktor yang berhubungan adalah umur dan masa kerja. Tingkat keluhan nyeri otot yang dirasakan responden sebagian besar mengalami keluhan nyeri otot tingkat ringan di bagian punggung. Saran yang direkomendasikan pada perusahaan adalah merekrut karyawan dalam batasan umur tertentu dan memeriksakan kesehatan pekerja yang telah bekerja selama 5 tahun atau lebih serta memperhatikan sikap kerja dan stasiun kerja pada saat bekerja agar selalu dalam keadaan ergonomis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 228-10 Kur b
Uncontrolled Keywords: PAIN
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA643-645 Disease (Communicable and noninfectious) and public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
DEBBY KURNIAWAN, 100610040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndang Dwiyanti, , Dra., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 01 Apr 2011 12:00
Last Modified: 02 Aug 2016 02:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22080
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item