HUBUNGAN KARAKTERISTIK TENAGA KERJA, PERSEPSI BISING DAN PERSEPSI DEBU DI TEMPAT KERJA DENGAN KEJADIAN KECELAKAAN KERJA

RETTA FAUZIA, 100511618 (2010) HUBUNGAN KARAKTERISTIK TENAGA KERJA, PERSEPSI BISING DAN PERSEPSI DEBU DI TEMPAT KERJA DENGAN KEJADIAN KECELAKAAN KERJA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-fauziarett-18473-kkckkf-k.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-fauziarett-15184-kkckkf-h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seiring dengan berkembangnya sektor industri yang makin lama makin meningkat perlu disadari potensi bahaya yang ditimbulkan juga akan semakin berkembang dan banyak, resiko kecelakaan kerja juga juga akan meningkat. PT. Trimega Baterindo adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang pembuatan automotive battery atau aki yang banyak mengakibatkan resiko terjadinya kecelakaan kerja. Tujuan penelitian adalah menganalisis hubungan antara karakteristik tenaga kerja meliputi umur, status pendidikan, masa kerja, status perkawinan, persepsi bising dan persepsi debu terhadap kejadian kecelakaan kerja di PT. Trimega Baterindo Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian analitik, penelitian ini dilakukan pada sampel yang berjumlah 78 orang, metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Kecelakaan yang diteliti adalah dari tahun 2008-2010. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan disajikan dalam bentuk tabel serta dianalisis dengan menggunakan uji statistic chi-square dengan derajat kemaknaan 0,05. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ada hubungan antara tingkat pendidikan tenaga kerja dengan kejadian kecelakaan kerja (p<α), ada hubungan antara masa kerja tenaga kerja dengan kejadian kecelakaan kerja (p<α), ada hubungan antara persepsi debu dengan kejadian kecelakaan kerja (p<α). Sedangkan variabel penelitian yang tidak bermakna adalah umur tenaga kerja dengan kecelakaan kerja (p>α), tidak ada hubungan antara status perkawinan tenaga kerja dengan kecelakaan kerja (p>α), dan tidak ada hubungan antara persepsi bising dengan kejadian kecelakaan kerja (p>α). Disarankan agar mengadakan pengukuran kadar debu secara berkala ada unit produksi PT. Trimega Baterindo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 202/10 Fau h
Uncontrolled Keywords: HEARING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309-499 Consciousness, Cognition, Perception, Intuition
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
RETTA FAUZIA, 100511618UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDenny Ardyanto, Dr., Ir.,M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 15 Apr 2011 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 13:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22092
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item