ANALISIS PELAKSANAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DI MTsN 1 KOTA BLITAR DAN MTsN KEPANJENKIDUL KOTA BLITAR

DINA PERMATASARI, 100830239 (2010) ANALISIS PELAKSANAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DI MTsN 1 KOTA BLITAR DAN MTsN KEPANJENKIDUL KOTA BLITAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-permatasar-18115-kkckkf-k.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-permatasar-15175-kkckkf-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Menurut data dari Dinas Pendidikan Nasional presentase anak usia 13-15 tahun yang sekolah dijenjang SMP/MTs sebanyak 86,5% dari jumlah populasi kelompok umur 13-15 tahun. Hal itu memungkinkan seorang siswa mengikuti kegiatan disekolah diantaranya adalah Usaha Kesehatan Sekolah, sehingga promosi kesehatan dapat menjangkau 2 jenis populasi yaitu populasi anak sekolah sekaligus populasi umum masyarakat.Beberapa sekolah belum melihat peran UKS sebagai bagian penting dalam pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pelaksanaan UKS di Madrasah Tsanawiyah Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber informasi dalam penelitian ini terdiri dari tim pembina UKS Kota Blitar dan tim pelaksana UKS di MTsN 1 Kota Blitar dan MTsN Kepanjen kidul Kota Blitar. Penentuan informan penelitian dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data adalah melalui wawancara dan observasi langsung kepada sumber informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tim pembina UKS di Kota Blitar berperan aktif sesuai dengan bidangnya, tetapi koordinasi antar sektor belum berjalan baik, pelaksana UKS di MTsN 1 Kota Blitar dan MTsN Kepanjen kidul juga cukup aktif. Sarana dan prasarana penunjang kurang. Peraturan sekolah sudah ada. Keterlibatan orang tua masih sebatas ijin orang tua terhadap kegiatan ekstrakurikuler siswa dan memberikan dana untuk kegiatan tersebut. Pelaksanaan Trias UKS di MTsN 1 Kota Blitar dan MTsN Kepanjen kidul masuk dalam kategori kurang baik, kecuali pelaksanaan pendidikan kesehatan di MTsN 1 Kota Blitar yang telah berjalan baik. Perlu dilakukan peningkatan keaktifan pembina dan pelaksana UKS serta koordinasi yang baik antara pembina dan pelaksana UKS di kedua sekolah tersebut diantaranya dengan dibuatnya sekretariat tetap UKS di Kota Blitar. Penyediaan kelengkapan sarana dan prasarana penunjang juga harus dilakukan. Peningkatan keterlibatan orang tua sebagai orang terdekat siswa di luar sekolah dengan mengadakan penyuluhan tentang kebutuhan remaja kepada orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 161/10 Per a
Uncontrolled Keywords: SCHOOL HEALTH SERVICES
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB3401-3495 School hygiene. School health services
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
DINA PERMATASARI, 100830239UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMuji Sulistyowati, , S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 30 Apr 2011 12:00
Last Modified: 02 Aug 2016 02:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22100
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item