UPAYA PENINGKATAN JUMLAH KUNJUNGAN PASIEN DI IRNA RUANG BEDAH BERDASARKAN PELAKSANAAN BAURAN PEMASARAN DI RSUD Dr SOEGIRI LAMONGAN

LULUK SUFARTI, 100830483 (2010) UPAYA PENINGKATAN JUMLAH KUNJUNGAN PASIEN DI IRNA RUANG BEDAH BERDASARKAN PELAKSANAAN BAURAN PEMASARAN DI RSUD Dr SOEGIRI LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-sufartilul-15180-kkckkf-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4.pdf

Download (186kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah sakit merupakan organisasi yang kompleks, karena mempunyai permasalahan yang sangat rumit dan terdapat berbagai macam fasilitas pengobatan, peralatan serta berbagai orang dalam keadaan emosional yang berbeda. Pencapaian selama 4 tahun terakhir cenderung menurun, yaitu tahun 2005 sebesar 77,60%, hingga tahun 2008 sebesar 78,66 %. Tujuan penelitian ini adalah merekomendasi upaya peningkatan jumlah kunjungan pasien di IRNA Ruang Bedah RSUD Dr Soegiri Lamongan berdasarkan analisis penilaian dan harapan masyarakat tentang marketing mix 7P. Berdasarkan metodelogi riset pemasaran, penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif, tekhnik pengumpulan data menggunakan quesioner. Sampel penelitian ini adalah pasien IRNA Ruang Bedah RSUD Dr Soegiri Lamongan sejumlah 50 orang pada bulan Juni Mei 2010. Variabel yang diteliti adalah karakteristik pasien, pelaksanaan marketing mix 7P di RSUD Dr Soegiri Lamongan, penilaian dan harapan pasien tentang marketing mix 7. Karakteristik responden didapatkan bahwa 72 % responden termasuk usia produktif (13-60 tahun), 66 % laki-laki, 46 % berpendidikan terakhir menengah, 62% petani, dan 48% golongan ekonomi menengah kebawah. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian dan harapan pasien tentang marketing mix 7P di IRNA Ruang Bedah RSUD Dr Soegiri Lamongan berdasarkan variabel product yang sudah baik adalah kelengkapan dan kemampuan jenis pelayanan medis bedah. Variabel price yang sudah baik adalah cara pembayaran, namun besarnya tarif pelayanan perlu diperhatikan lagi. Variabel place yang sudah baik adalah akses ke rumah sakit, sedangkan kenyamanan ruang perawatan, kenyamanan dan kebersihan ruang tamu perlu ditingkatkan. Variabel people yang sudah baik adalah frekuensi penawaran jenis pelayanan oleh perawat, namun oleh dokter spesialis perlu ditingkatan. Variabel process yang sudah baik adalah kecepatan pelayanan, kemudahan hubungan dan tanggapan petugas dan dokter spesialis mendengarkan keluhan pasien, sedangkan frekuensi dan ketepatan jadwal kunjungan dokter spesialis ke ruangan perlu ditingkatkan. Variabel promotion yang sudah baik adalah media dan materi promosi dari mulut ke mulut dan speaker ke ruangan, namun koran, radio dan leaflet perlu ditingkatan. Variabel physical evidence yang sudah baik adalah kelengkapan kamar mandi, TV, ruang tunggu dan ruang tamu, sedangkan kelengkapan AC, kulkas, dan telepon perlu ditingkatkan. Dari hasil penelitian diharapkan, pihak manajemen rumah sakit dapat mengambil langkah dalam rangka meningkatkan pemanfaatan IRNA Ruang Bedah dengan mengefektifkan upaya promosi, menetapkan kebijakan tentang ketepatan kunjungan dokter spesialis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 217-10 Sut a
Uncontrolled Keywords: HOSPITAL, ADMINISTRATION
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV7935-8025 Administration and organization
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
LULUK SUFARTI, 100830483UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorStefanus Supriyanto, Prof.Dr. , dr., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 30 Apr 2011 12:00
Last Modified: 02 Aug 2016 02:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22105
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item