FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN RAWAT INAP BERDASARKAN PERILAKU KONSUMEN DAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS WARU SIDOARJO

AGUNG PUDJI SETIAWAN, 00610089 (2010) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN RAWAT INAP BERDASARKAN PERILAKU KONSUMEN DAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS WARU SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
gdlhub-gdl-s1-2011-setiawanag-15195-kkckkf-f cover.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-setiawanag-15195-kkckkf-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 2019.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
gdlhub-gdl-s1-2011-setiawanag-15195-kkckkf-flampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu pelayanan Puskesmas adalah rawat jalan, di Kabupaten Sidoarjo terdapat 25 Puskesmas dan 13 diantaranya merupakan Puskesmas perawatan. Puskesmas Waru adalah salah satu Puskesmas yang memiliki pelayanan rawat inap dengan jumlah tempat tidur sebanyak 18 unit. Berdasarkan pada data BOR di Puskesmas Waru Sidoarjo selama tahun 2006-2009 telah terjadi penurunan rata-rata sebesar 21,74%. Maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan penurunan BOR di Puskesmas Waru Sidoarjo. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor yang mempengaruhi pemanfaatan rawat inap Puskesmas Waru Sidoarjo oleh masyarakat di wilayah kerja puskesmas Waru Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik, sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden dengan kriteria pernah melakukan rawat inap dalam waktu satu tahun terakhir. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling stratified random sampling untuk memperoleh data perilaku konsumen dalam pemanfaatan rawat inap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penilaian dan persepsi terhadap dimensi Mutu pelayanan kesehatan meliputi technical competence, acces to service, effectiveness, interpersonal relatioan, continuity, efficiency, Safety, dan Amenities diperoleh hasil tidak ada beda yang signifikan antara masyarakat yang melakukan rawat inap di Puskesmas Waru dan yang rawat inap di luar Puskesmas Waru sidoarjo. Masyarakat menilai dan mempersepsikan mutu pelayanan rawat inap Puskesmas Waru adalah baik. Berdasarkan uji statistik regresi logistic diperoleh hasil variabel yang mempengaruhi pemanfaatan rawat inap adalah tingkat penghasilan, akses, dan evaluasi seleksi. Saran yang bisa diberikan adalah perlu adanya media untuk menyampaikan informasi lokasi dan fasilitas rawat inap yang ada di Puskesmas Waru, peningkatan kualitas pelayanan penunjang rawat inap dan peningkatan mutu pelayan rawat inap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 233/10 Set f
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
AGUNG PUDJI SETIAWAN, 00610089UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 30 Apr 2011 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 20:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22120
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item