FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP TINGKAT KECEMASAN IBU HAMIL

JUNI DWI KURNIA SANTI, 100830186 (2010) FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP TINGKAT KECEMASAN IBU HAMIL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-santijunid-15429-kkckkf-f.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
5.pdf

Download (525kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tingkat Kecemasan adalah suatu perasaan tidak tentram yang bisa disebabkan karena pengalaman yang tidak menyenangkan yang ditandai dengan gejala denyut jantung bertambah cepat, nafas yang cepat, keringat dingin, gemetar, lemas dan lelah. Kecemasan ini diukur menggunakan Zung self rating Anxiety Scale (ZUNG-SAS). Kecemasan dalam kehamilan dapat menyebabkan Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) dikarenakan berkurangnya aliran darah yang masuk melalui plasenta, selain itu kecemasan dalam kehamilan khususnya trimester ketiga dapat meningkatkan risiko lahir mati (stillbirth), sehingga kecemasan yang terjadi pada ibu secara tidak langsung menyebabkan kematian pada bayi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari karakteristik demografi ibu hamil yang berhubungan dengan kecemasan, karakteristik reproduksi, faktor perilaku, faktor psikologi, mempelajari tingkat kecemasan ibu hamil dan menganalisis faktor yang berpengaruh terhdadap tingkat kecemasan ibu hamil. Penelitian ini menggunakan metodologi descriptive observasional dengan rancang bangun cross sectional teknik pengumpulan data menggunakan quesioner. Sampel penelitian ini adalah ibu hamil yang berada di Wilayah kerja Puskesmas Kutorejo Mojokerto yang berjumlah 47 orang. Pengumpulan data dimulai pada bulan Mei – Juni 2010. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ibu hamil yang berada di Puskesmas Kutorejo 25 responden (53,19%) mengalami kecemasan tinggi. Diantara variable pendidikan, penghasilan umur responden, frekuensi kehamilan, umur kehamilan, dukungan keluarga, dan status kehamilan variabel yang paling berhubungan adalah pengetahuan dan dukungan keluarga. Disarankan kepada petugas kesehatan untuk memberikan pelayanan yang menyeluruh kepada ibu hamil dengan tidak hanya memperhatikan kebutuhan atau perubahan fisiologis melainkan juga memperhatikan peruabahan psikologis sehingga dalam menjalankan proses kehamilannya dapat dilalui dalam keadaan sehat. Kata kunci :Tingkat kecemasan , pendidikan, umur, frekuensi kehamilan, usia kehamilan, dukungan keluarga, pengetahuan, status kehamilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 149/10 San f
Uncontrolled Keywords: ANXIETY AND PREGNANCY
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG551-591 Pregnancy
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
JUNI DWI KURNIA SANTI, 100830186UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHari Basuki, Dr. N, dr., M.kesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 10 May 2011 12:00
Last Modified: 06 Aug 2016 13:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22122
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item