HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK DAN TIPE KEPRIBADIAN PEKERJA DENGAN TINGKAT KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (DI PT. AMANAH ANUGRAH ADI MULIA BANJARMASIN PADA BULAN MARET TAHUN 2010)

HAMDANI AZIS, 100830267 (2010) HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK DAN TIPE KEPRIBADIAN PEKERJA DENGAN TINGKAT KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (DI PT. AMANAH ANUGRAH ADI MULIA BANJARMASIN PADA BULAN MARET TAHUN 2010). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-azishamdan-15431-kkckkf-h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7.pdf

Download (422kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setiap individu memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain, begitu juga dengan tipe kepribadian. Kedua hal tersebut merupakan faktor yang mempengaruhi individu berperilaku, baik kehidupan sehari-hari ataupun ditempat kerja. Kepatuhan merupakan implementasi dari perilaku positif seseorang, salah satunya kepatuhan penggunaan alat pelindung diri saat bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara karakteristik dan tipe kepribadian pekerja terhadap tingkat kepatuhan penggunaan alat pelindung diri. Karakteristik dalam penelitian ini adalah umur, status perkawinan, dan masa kerja. Penelitian ini bersifat analitik dengan menggunakan desain observasional. karena tidak ada perlakuan kepada objek yang diteliti. Berdasarkan waktu pelaksanaannya, penelitian ini termasuk cross sectional dengan responden sebanyak 26 pekerja. Instrument yang digunakan adalah kuesioner dan berupa check list. Data diolah dengan menggunakan uji statistik chi square. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara umur, masa kerja, dengan tingkat kepatuhan pemakaian alat pelindung diri ditunjukkan dengan nilai p <α (0,00 < 0,05) berbeda dengan status perkawinan varaibel ini tidak mempunyai hubungan dengan tingkat kepatuhan pemakaian alat pelindung diri ditunjukkan nilai p >α (0,105 < 0,05). Untuk tipe kepribadian, memiliki hubungan dengan tingkat kepatuhan pemakaian alat pelindung diri ditunjukkan dengan nilai p >α (0,00 < 0,05). Kesimpulan, disarankan untuk pihak manejemen mempertegas sanksi atas kebijakan terhadap kepatuhan penggunaan alat pelindung diri saat bekerja dan untuk pihak pekerja disarankan untuk lebih patuh terhadap kebijakan perusahaan khususnya penggunaan alat pelindung diri. Selain itu pihak managemen disarankan untuk melakukan tes kepribadian sebelum pekerja dipekerjakan di perusahaan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 167/10 Azi h
Uncontrolled Keywords: TYPE APERSONALITY LEVEL OF OBEDIENCE
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
HAMDANI AZIS, 100830267UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorM. Sulaksmono, ,dr., M.S., M.PH, Sp.OkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 10 May 2011 12:00
Last Modified: 06 Aug 2016 14:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22124
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item