HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN KARYAWAN TENTANG KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA RUMAH SAKIT DI RSUD SIDOARJO

DYAH AYU KARTIKA PUTRI, 100830210 (2010) HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN KARYAWAN TENTANG KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA RUMAH SAKIT DI RSUD SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-putridyaha-15432-kkckkf-h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
9.pdf

Download (367kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keselamatan dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit (K3RS) merupakan suatu upaya untuk menekan atau mengurangi resiko kecelakaan dan penyakit akibat kerja di rumah sakit. Diperlukan pengetahuan petugas kesehatan tentang pelaksanaan K3RS, agar pelaksanaan K3RS bisa berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik individu dengan tingkat pengetahuan tentang K3RS pada karyawan di RSUD Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. Hasil penelitian ini dapat berguna untuk meningkatkan program K3RS, pengendalian serta perbaikan keselamatan dan kesehatan karyawan di masa datang. Penelitian ini bersifat observasional dengan cara pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 61 orang diambil secara random sampling dari 72 populasi di RSUD Sidoarjo yang tersebar di instalasi rawat inap, instalasi rawat jalan, instalasi rawat darurat, bedah sentral, radiologi, farmasi, gizi dan instalasi pemeliharaan sarana.Hubungan antar variabel dianalisis dengan menggunakan uji Chi-Squre (α<0,05). Dari 4 karakteristik responden (umur, tingkat pendidikan, masa kerja dan keikutsertaan pelatihan) yang ada hubungan signifikan dengan tingkat pengetahuan K3RS adalah tingkat pendidikan (p= 0,003). Disimpulkan bahwa, semakin tinggi tingkat pendidikan maka semakin baik tingkat pengetahuan tentang K3RS. Pelatihan yang diadakan masih belum efektif dalam upaya meningkatkan pengetahuan tentang K3RS. Disarankan kepada manajemen rumah sakit agar lebih meningkatkan pengetahuan dan pemahaman karyawan tentang K3RS melalui pelatihan secara rutin, sosialisasi melalui seminar, poster K3 / leaflet serta meningkatkan komitmen pimpinan tentang pelaksanaan K3RS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 191/10 Put h
Uncontrolled Keywords: INDUSTRIAL SAFETY, PERSONNEL MANAGEMENT
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
DYAH AYU KARTIKA PUTRI, 100830210UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorErwin Dyah Nawawinetu, , dr., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 10 May 2011 12:00
Last Modified: 02 Aug 2016 13:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22125
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item