EVALUASI PENGELOLAAN LINEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BLAMBANGAN KABUPATEN BANYUWANGI

RETNO WIDYASTUTI, 100830228 (2010) EVALUASI PENGELOLAAN LINEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BLAMBANGAN KABUPATEN BANYUWANGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-widyastuti-18634-kkckkf-k.pdf

Download (236kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah sakit adalah organisasi yang bergerak dalam bidang medis dan sosial. Dalam waktu lima tahun terakhir BOR di Ruang Bersalin (rawat inap) Rumah Sakit Petrokimia Gresik tidak mencapai standar (60-85%). Masalah rendahnya BOR ini harus dicari jalan keluarnya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis mutu pelayanan di Ruang Bersalin (rawat inap) Rumah Sakit Petrokimia Gresik berdasarkan penilaian dan harapan dengan menggunakan matrik posisi. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif dengan rancang bangun cross sectional. Teknik pengumpulan data menggunakan quesioner. Sampel penelitian adalah pasien ruang bersalin (rawat inap) yang berjumlah 77 pasien. Pengumpulan data dimulai bulan Februari sampai bulan Juni 2010. Hasil penelitian menurut penilaian dan harapan pasien terhadap mutu pelayanan di Ruang Bersalin dinyatakan ada masalah pada fasilitas medis. Sedangkan berdasarkan matrik posisi ada sepuluh pernyataan yang berada dikuadran I. Kuadran I adalah pasien menginginkan tetapi tidak memperolehnya. Masalah ini merupakan faktor yang diduga menyebabkan rendahnya kunjungan pasien di Ruang Bersalin (rawat inap) Rumah Sakit Petrokimia Gresik. Untuk meningkatkan BOR maka perlu dilakukan perbaikan mutu pelayanan di Rumah Sakit Petrokimia Gresik dengan cara melengkapi fasilitas medis yang ada dan melakukan perbaikan kinerja secara terus menerus terhadap aspek-aspek yang dianggap pasien kurang memuaskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM198/10 Wid e (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: LINEN HOSPITAL LAUNDRIES
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
RETNO WIDYASTUTI, 100830228UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSoedjajadi Keman, Prof., dr.,M.S., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 10 May 2011 12:00
Last Modified: 16 Sep 2016 04:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22127
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item