PENGARUH MUTU PELAYANAN RUMAH SAKIT TERHADAP PEMANFAATAN KEMBALI LAYANAN RAWAT INAP RUMAH SAKIT DAERAH KABUPATEN MADIUN

ANDRIAN PURBO WASISTO, 100610063 (2010) PENGARUH MUTU PELAYANAN RUMAH SAKIT TERHADAP PEMANFAATAN KEMBALI LAYANAN RAWAT INAP RUMAH SAKIT DAERAH KABUPATEN MADIUN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-wasistoand-18574-kkckkf-k.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-wasistoand-15445-kkckkf-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kepuasan pasien akan mutu pelayanan kesehatan sangatlah penting terhadap keloyalitasan pasien dalam memanfaatkan kembali layanan tersebut di masa yang akan datang. Penilaian ini meliputi penilaian akan pelayanan dokter, pelayanan perawat dan fasilitas yang tersedia di rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor mutu pelayanan yang mempengaruhi pemanfaatan kembali layanan Rawat Inap Rumah Sakit Daerah Kabupaten Madiun berdasarkan segi pelayanan rumah sakit menurut penilaian pasien. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan bantuan kuesioner. Sampel adalah pasien yang dirawat di ruang Rawat Inap RSD. Kab. Madiun pada bulan April 2010. Penilaian pasien akan mutu pelayanan dari segi pelayanan meliputi pelayanan dokter, pelayanan perawat dan fasilitas yang tersedia di RSD. Kab. Madiun berdasarkan dimensi mutu yang meliputi tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Penilaian akan pelayanan dokter, pelayanan perawat dan fasilitas di RSD. Kab. Madiun oleh responden sebagian besar menilai cukup baik berdasarkan aspek tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Jadi pemanfaatan kembali layanan Rawat Inap di RSD. Kab. Madiun ini dipengaruhi oleh 3 aspek yaitu reliability, assurance dan empathy. Faktor yang paling dominan dalam mempengaruhinya adalah faktor reliability. Saran yang dapat diajukan adalah dengan meningkatkan kemampuan dokter dengan mengadakan pelatihan sehingga dokter bisa lebih teliti den cekatan dalam menangani pasien dan juga perlu peningkatan mutu pelayanan dengan mengadakan peltihan service excellent terhadap petugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 237-10 Was p
Uncontrolled Keywords: HOSPITAL PATIENTS
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics, Including ambulance service, nursing homes, hospices
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
ANDRIAN PURBO WASISTO, 100610063UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWidodo J. Pudjirahardjo, , dr., M.S., M.PH., Dr.PHUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 10 May 2011 12:00
Last Modified: 03 Aug 2016 06:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22133
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item