HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRA JALANAN DENGAN SEKS BEBAS TERHADAP TINDAKAN BERISIKO TERTULAR PENYAKIT MENULAR SEKSUAL ( PMS ) (Studi Kasus di Kota Denpasar Propinsi Bali)

I DEWA GDE AGUNG PRIYA WAHYU UTAMA, 100431344 (2006) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRA JALANAN DENGAN SEKS BEBAS TERHADAP TINDAKAN BERISIKO TERTULAR PENYAKIT MENULAR SEKSUAL ( PMS ) (Studi Kasus di Kota Denpasar Propinsi Bali). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-utamaidewa-2314-fkm550-k.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-utamaidewa-2314-fkm55_06.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tindakan berisiko tertular penyakit menular seksual ( PMS ) yang terjadi pada remaja putra jalanan perlu mendapat perhatian khusus. Pengetahuan dan sikap tentang seks bebas pada remaja putra jalanan bisa mempengaruhi akan perilaku yang menyimpang atau hubungan seks yang tidak sehat sehingga menjadi suatu permasalahan yang serius jika tidak ada langkah penanggulangannya. Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari hubungan pengetahuan dan sikap tentang seks bebas dengan tindakan berisiko tertular penyakit menular seksual ( PMS ) pada remaja putra jalanan yang terdapat di kota Denpasar Propinsi Bali. Jenis penelitian yang dipakai adalah observasi analitik dengan pendekatan cross sectional . Responden penelitian adalah remaja putra jalanan yang dalam tindakannya berisiko tertular penyakit menular seksual, berumur 15-25 tahun dan belum menikah. Responden berjumlah 96 orang dan dipilih dengan teknik sampel secara kelompok ( Cluster Sampling ). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara melalui kuisioner, data yang didapat disajikan secara diskriptif dan dalam bentuk tabel serta dianalisis dengan uji Chi-Square untuk mengetahui ada tidaknya hubungan . Menurut basil penelitian karakteristik remaja putra jalanan didominasi oleh kelompok umur 15-19 tahun 46,9 % dan tingkat pendidikan SLTA 57,3%, terdapat hubungan karakteristik dengan pengetahuan tentang seks bebas. Terdapat hubungan peer group terhadap remaja putra jalanan tentang seks bebas dengan OR = 10,600. Terdapat sebagian 50% pengetahuan tentang seks bebas dan PMS kurang dengan tindakan yang berisiko tertular PMS, ada hubungan pengetahuan seks bebas dan PMS dengan tindakan berisiko tertular PMS dengan OR = 7,889 dan terdapat 50% remaja putra jalanan tentang sikap seks bebas dan PMS yang kurang dengan tindakan berisiko tertular PMS dengan OR = 5,610. Bagi responden peer group punya pengaruh terhadap terjadinya perilaku seks bebas. Disimpulkan bahwa ada hubungan pengetahuan dan sikap remaja putra jalanan dengan seks bebas terhadap tindakan berisiko tertular penyakit menular seksual ( PMS ), tindakan seks bebas remaja putra jalanan di kota Denpasar dipengaruhi tingkat pendidikan, umur dan pengaruh peer group.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 55/06 Uta h
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Tindakan berisiko, Penyakit menular seksual dan Remaja putra jalanan
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ19-30.7 Sexual behavior and attitudes. Sexuality
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Epidemiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
I DEWA GDE AGUNG PRIYA WAHYU UTAMA, 100431344UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorChatarina U W, Dr., dr., MS., MPHUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 29 Sep 2006 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 16:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22149
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item