GAMBARAN PENGETAHUAN TENTANG HIV/AIDS DAN PERILAKU BERISIKO TERTULAR HIV/AIDS PADA IDUs (INJECTING DRUG USER) (Studi Kasus di Yayasan HatiHati dan Yayasan MataHati Despasar, Propinsi Bali)

DIAN FEBRIANA, 100431555 (2005) GAMBARAN PENGETAHUAN TENTANG HIV/AIDS DAN PERILAKU BERISIKO TERTULAR HIV/AIDS PADA IDUs (INJECTING DRUG USER) (Studi Kasus di Yayasan HatiHati dan Yayasan MataHati Despasar, Propinsi Bali). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
122. Abstrak FKM 58-06 Feb g.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-febrianadi-2317-fkm58_06.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Beralihnya penggunaan narkoba dari menghisap menuju ke penyuntikkan merupakan hal yang sudah lazim di kalangan pemakai narkoba karena mereka menganggap dengan menyuntikkan dipastikan semua narkoba dapat masuk ke dalam tubuh secara langsung tanpa ada yang terbuang. Pemakai narkoba suntik (IDUs) adalah subyek yang potensial tertular dan menularkan HIV melalui pemakaian jarum suntik yang tidak steril atau dipakai secara bergantian, pengguna narkoba suntik merupakan salah satu faktor penyebab ledakan epidemi HIV/IDS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan tentang HIV/AIDS dengan perilaku berisiko tertular HIV/AIDS pada IDUs. Merupakan Penelitian deskriptif untuk memperoleh data yang bersifat kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kota Denpasar Propinsi Bali. Populasi penelitian ini adalah orang-orang yang masih aktif menggunakan narkoba dengan jarum suntik. Jumlah sampel sebanyak 20 orang yang didapat dari yayasan Hatihati dan yayasan Matahati. Variabel yang diteliti pada penelitian ini adalah Karakteristik para IDUs (umur, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, perkawinan), Pengetahuan tentang HIV/AIDS, Pengetahuan IDUs tentang perilaku berisiko tertular HIV/AIDS, Sikap IDUs tentang perilaku Berisiko Tertular HIV/AIDS, dan Tindakan IDUs tentang perilaku berisiko tertular HIV/AIDS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pengguna 100% adalah laki-laki dan didominasi oleh kelompok umur 25-29 tahun , pendidikan para pengguna sebagian besar 80% SMU, 60% bekerja sebagai wiraswata dan sebagian besar 65% sudah menikah. Pengetahuan tentang HIV/AIDS 18 orang (90%) baik, 1 orang (5%) sedang, 1 orang (5%) berpengetahuan Kurang. Pengetahuan IDUs tentang perilaku berisiko tertular HIV/AIDS 17 orang (85%) sedang, 2 orang (10%) baik, 1 orang (5%) kurang, Sikap IDUs tentang perilaku Berisiko Tertular HIV/AIDS 10 orang (50%) baik, sedang 9 orang 41%, kurang 1 (5%), dan Tindakan IDUs tentang perilaku berisiko tertular HIV/AIDS 13 orang (65%) baik, sedang 5 orang (25%) dan yang mempunyai tindakan kurang 2 orang (10%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 58/06 Feb g
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Perilaku, HIV/AIDS, IDUs
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC554-569.5 Personality disorders. Behavior problems Including sexual problems, drug abuse,suicide, child abuse
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Epidemiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DIAN FEBRIANA, 100431555UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorArief Hargono, drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 29 Sep 2006 12:00
Last Modified: 06 Jul 2017 22:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22151
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item