HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DAN PELATIHAN DENGAN KETERAMPILAN DALAM UPAYA PENANGGALANGAN BAHAYA KEBAKARAN (Studi Pada Tim Pemadam Kebakaran Di Pusdiklat Migas Cepu, Blora Jawa Tengah)

FORTIAN ANDHIKA CANDRA, 100210949 I (2006) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DAN PELATIHAN DENGAN KETERAMPILAN DALAM UPAYA PENANGGALANGAN BAHAYA KEBAKARAN (Studi Pada Tim Pemadam Kebakaran Di Pusdiklat Migas Cepu, Blora Jawa Tengah). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-candrafort-2453-fkm128-k.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-candrafort-2453-fkm128_-6.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perindustrian minyak dan gas bumi nasional merupakan salah satu aset utama devisa negara. Mengingat minyak merupakan bahan baku berisiko kebakaran tinggi dalam proses produksinya, sehingga perlu penanganan yang baik dalam proses produksinya. Selain perlunya sistem pengamanan pada proses produksi, perlu juga penyiagaan tim pemadam kebakaran yang handal dalam upaya penanggulangan bahaya kebakaran yang mungkin dapat terjadi. Untuk menyiapkan tim pemadam yang handal tersebut, Pusdiklat Migas Cepu mengadakan pelatihan pemadaman kebakaran untuk tim pemadam kebakaran dan para karyawan yang terkait. Pelatihan tersebut dilakukan dengan maksud untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tim pemadam kebakaran dalam upaya penanggulangan bahaya kebakaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan tingkat pengetahuan dengan keterampilan tim pemadam dalam upaya penanggulangan bahaya kebakaran di Pusdiklat Migas Cepu. Penelitian ini termasuk dalam jenis penalitian deskriptif dengan rancangan Crossectional. Penelitian dilakukan di Pusdiklat Migas Cepu dengan responden sejumlah 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara tingkat pengetahuan dengan keterampilan tim pemadam dalam upaya penanggulangan bahaya kebakaran, yang mana semakin tinggi tingkat pengetahuan tim pemadam terhadap pemahaman konsep pemadaman, maka semakin tinggi pula keterampilannya dalan pemadaman kebakaran. Perlu dilaksanakan pelatihan secara rutin dan berkesinambungan untuk dapat meningkatkan tingkat pengetahuan dan keterampilan tim pemadam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 128/06 Can h
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Pengetahuan dan Keterampilan, Training, Knowledge and Skill.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsEmail
FORTIAN ANDHIKA CANDRA, 100210949 IUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTria Martiana, Dr., Hj., dr., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 06 Oct 2006 12:00
Last Modified: 06 Jul 2017 22:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22155
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item